Pengembangan instrumen penilaian Literasi Numerasi berbasis Multi Representasi pada materi Getaran Harmonis

Rokaibah, Natasya Siti (2025) Pengembangan instrumen penilaian Literasi Numerasi berbasis Multi Representasi pada materi Getaran Harmonis. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pernyataan Skripsi .pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (689kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Instrumen penilaian literasi numerasi berbasis multi representasi merupakan instrumen yang cocok digunakan pada penilaian hasil belajar fisika. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui 1) langkah-langkah pengembangan; 2) validitas isi instrumen; 3) validitas empiris instrumen; 4) reliabilitas empiris instrumen. Penelitian ini menggunakan motode 4D (define, design, develop, disseminate) dengan melibatkan 102 peserta didik dan sembilan butir soal getaran harmonis. Hasil penelitian diperoleh 1) pengembangan instrumen penilaian dilakukan dengan melalui analisis kebutuhan, penyusunan indikator capaian kompetensi dan indikator literasi numerasi berbasis multi representasi, penyusunan kisi-kisi soal, serta validitas dan reliabilitas instrumen; 2) validitas isi instrumen memiliki koefisien validitas gregory 1 yang termasuk “validitas tinggi”; 3) validitas empiris instrumen dilakukan dengan validitas butir soal yang memiliki interpretasi “sesuai” pada keseluruhan butir soal dan dinyatakan layak; 4) reliabilitas empiris instrumen memiliki rata-rata nilai 0,86 dan diinterpretasikan“bagus”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah instrumen penilaian literasi numerasi berbasis multi representasi pada materi getaran harmonis yang dikembangkan dinyatakan valid dan reliabel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Instrumen penilaian; literasi numerasi; multi representasi; getaran harmonis
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Natasya Siti Rokaibah
Date Deposited: 21 Mar 2025 04:15
Last Modified: 21 Mar 2025 04:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106057

Actions (login required)

View Item View Item