Pengembangan E-LKPD berbasis Wizer.me untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor

Nurrohmah, Yulia Fajri Yanti (2025) Pengembangan E-LKPD berbasis Wizer.me untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu keterampilan yang diperlukan pada abad-21 adalah keterampilan berpikir kritis. Pembelajaran fisika dapat menunjang peserta didik untuk membiasakan berpikir kritis, namun kenyataan di lapangan keterampilan berpikir kritis peserta didik termasuk rendah, penggunaan perangkat pembelajaran LKPD berupa cetak, keterlibatan peserta didik yang kurang aktif menjadi fokus utama peneliti untuk memberikan solusi melalui pengembangan E-LKPD berbasis wizer.me untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui (1) kelayakan e-LKPD berbasis wizer,me, (2) keterlaksanaan pembelajaran fisika menggunakan e-LKPD berbasis wizer.me, dan (3) peningkatan keterampilan berpikir kritis setelah menerapkan e-LKPD berbasis wizer.me. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode penelitian Research and Development (R&D) pada model pengembangan ADDIE dan desain penelitian pada tahap implementasi adalah one grup pretest-posttets. Sampel penelitian berjumlah 33 orang yang merupakan peserta didik kelas XI SMA PGRI Cicalengka. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan (1) kelayakan e-LKPD berbasis wizer.me berdasarkan lembar validasi oleh tiga validator dengan teknik Gregory dinyatakan layak digunakan dengan nilai validasi sebesar 1,00 pada interpretasi sangat baik, (2) keterlaksanaan pembelajaran fisika menggunakan e-LKPD berbasis wizer.me melalui lembar observasi yang dinilai observer diperoleh persentase rata-rata keterlaksanaan dari aktivitas guru sebesar 94% dan aktivitas peserta didik sebesar 92% dengan interpretasi sangat baik, dan (3) peningkatan keterampilan berpikir kritis setelah menerapkan e-LKPD berbasis wizer.me diperoleh nilai N-gain 0,71 dengan interpretasi peningkatan tinggi. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar <0,001 artinya kurang dari 0,05 sehingga H_a diterima sedangkan H_0 ditolak, maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis yang signifikan setelah menerapkan e-LKPD berbasis wizer.me pada pembelajaran fisika materi suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: e-LKPD; suhu dan kalor; keterampilan berpikir kritis; model pembelajaran Problem Based Learning
Subjects: Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Yulia Fajri Yanti Nurrohmah
Date Deposited: 21 Mar 2025 08:31
Last Modified: 21 Mar 2025 08:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106122

Actions (login required)

View Item View Item