Maulana, Ferdinan (2024) Strategi manajemen media cetak Radar Bandung dalam meningkatkan kualitas dan bersaing dengan media Online. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (629kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (417kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (800kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) | Request a copy |
Abstract
Kehadiran media online ini tentu menggeser posisi media cetak sebagai alat pencarian informasi yang dilakukan masyarakat, juga berpengaruh kepada komersil media cetak kompesional karena mengurangnya permintaan pemasangan iklan yang berpindah secara berkala kepada ruang lingkup media online. Namun, hal itu tidak terpengaruh pada salah satu media cetak, Radar Bandung. Radar Bandung masih menjadi salah satu media cetak yang bertahan dan meunjukkan eksistensinya ditengah gempuran media online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi manajemen Radar Bandung agar bisa tetap bisa bersaing dengan banyaknya media online.Landasan penelitian ini berpijak pada Teori Perspektif Manajemen Media Massa P.O.A.C Nickels. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, melalui metode deskriptif ini peneliti akan memaparkan yang sebenarnya terjadi mengenai keadaan sekarang ini yang sedang diteliti.Hasil penelitian menunjukan bahwa Sinkornisasi antara setiap bagian tim dibutuhkan dalam manajemen media, termasuk dalam perencanaan di media cetak Radar Bandung. Dalam pengorganisasian di Radar Bandung ini, setiap aspek memegang peran dan tanggung jawabnya sesuai dengan job descnya masing-masing.Dalam pelaksanaannya, berita Radar Bandung harus mematuhi kode etik jurnalistik, dimana tidak adanya hoax, dan berita yang akan dimuat tersebut harus dipikirkan berkali-kali. Radar Bandung juga memperhatikan wartawannya dalam proses peliputan, karena harus memiliki berita yang ekslusif dan berbeda dengan media lainnya, dan ini menjadi strateginya untuk menghadapi persaingan dengan berita media online yang biasanya tidak memiliki berita original yang mendalam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Media Cetak; Manajemen Media Massa |
Subjects: | Use of Other Information Media Journalism and Newspapers in Indonesia Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media General Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Ferdinan Maulana |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 01:53 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 01:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106202 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |