Efektivitas meditasi dzikir terhadap penurunan burnout (kejenuhan kerja) pada guru pendamping ABK (Anak Berkebutuhan Khusus): Studi kasus di SD Sains Albiruni Kota Bandung

Azizah, Dhita Fadhilatul (2025) Efektivitas meditasi dzikir terhadap penurunan burnout (kejenuhan kerja) pada guru pendamping ABK (Anak Berkebutuhan Khusus): Studi kasus di SD Sains Albiruni Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
1211040036 Dhita Fadhilatul Azizah - Surat Keterangan Lulus Cek Plagiarisme (1).pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh dunia pendidikan berkebutuhan khusus yang penuh dengan tuntutan. Menjadikan para guru pendamping ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) sering kali menghadapi tingkat burnout (kejenuhan kerja) yang tinggi karena sifat pekerjaan yang menantang. Tanggungjawab untuk mendukung dan mengasuh anak-anak berkebutuhan khusus dapat berdampak pada kesehatan mental dan emosional para guru pendamping ABK (Anak Berkebutuhan Khusus). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat burnout, konsep pelaksanaan serta hasil dari efektivitas meditasi dzikir terhadap penurunan burnout (kejenuhan bekerja) pada guru pendamping ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) di SD Sains Albiruni.Dalam penelitian ini menggunakan mix method dengan strategi sekuensial eksplanatoris yang berlangsung dalam dua tahap, pertama pengumpulan data kuantitatif dan tahap kedua pengumpulan data kualitatif. Tahap pertama pengumpulan data kuantitatif dengan membagikan. Setelah diperoleh hasil kuantitatif kemudian akan di olah serta dianalisis. Pada tahap kedua dilakukan pengumpulan data kualitatif untuk menindaklanjuti hasil kuantitatif didapatkan dari hasil tulisan pada praktik yang dilakukan. Analisis data kuantitatif menggunakan uji deskriptif, uji normalitas dan uji t-test (paired samples). Sementara analisis data kualitatif menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa hal, (1) Terdapat 20 responden mengalami burnout, dimana 7 responden dengan kategori burnout tingkat tinggi dimasukkan dalam grup eksperimen dan 13 responden dengan kategori burnout tingkat sedang dan rendah dimasukkan dalam grup kontrol, (2) Konsep pelaksanaan meditasi dzikir menggunakan modul yang telah dibuat yaitu modul integrasi psikoterapi barat dan tasawuf untuk mengatasi burnout yang di awali dengan pendahuluan (10 menit), tahapan teknik terapi (40 menit); recognition (initial write), examination atau writing exercuse, meditasi dzikir, stabilisasi emosi butterfly hug, just a position atau feedback dan penutup (5 menit) (3) Hasil scalling pada grup eksperimen menunjukkan perubahan disetiap sesinya dengan nilai mean sesi pertama 112,14, sesi kedua 107,57 dan sesi ketiga 101,14 mengindikasi semakin intens perlakuan maka semakin rendah tingkat burnout, pada hasil uji t-test (paired samples) yang di peroleh ialah 0,004<0,05, maka terbukti terdapat penurunan tingkat burnout dan terdapat empat faktor penyebab diantaranya beban kerja, apresisasi dari lingkungan kerja, hubungan dengan atasan dan hubungan dengan rekan kerja.Maka dengan nilai signifikansi 0,004 lebih kecil dari 0,05 dapat disimpulkan hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak, yang berarti bahwa meditasi dzikir efektif terhadap penurunan burnout. Dengan demikian, hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa meditasi dzikir memiliki dampak positif terhadap penurunan burnout pada guru pendamping ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) di SD Sains Albiruni.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: efektivitas Meditasi Dzikir; tingkat Burnout; guru pendamping ABK
Subjects: Psychology
Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Dhita Azizah Dhita Fadhilatul
Date Deposited: 15 Apr 2025 06:30
Last Modified: 15 Apr 2025 06:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106385

Actions (login required)

View Item View Item