Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Qur'an Hadits:(Penelitian Tindakan Kelas di MI PERSIS 29 Kota Bandung kelas IV)

Kartika, Ima Dwi (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Qur'an Hadits:(Penelitian Tindakan Kelas di MI PERSIS 29 Kota Bandung kelas IV). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (728kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK IMA DWI KARTIKA. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Qur’an hadits” (PTK di Kelas IV MI Al-Misbah Kota Bandung). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Qur’an Hadits. Selama proses pembelajaran peserta didik terlihat kurang aktif , disebabkan pembelajaran Qur’an Hadits cenderung pasif dan tidak komunikatif pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung karna metode yang digunakan oleh guru hanya ceramah dan pemberian tuga.Hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number head Together dibawah KKM yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Realitas hasil elajar kognitif peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran koopratif tipe Number Head Together terhadap mata pelajaran Qur’an Hadits pokok bahasan Surah Al-lahab; (2) Realitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together terhadap mata pelajaran Qur’an Hadits pokok bahasan surah Al-Lahab settiap siklus; (3) Realitas hasil belajar kognitif peserta didik sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together pada mata pelajaran Qur’an Hadits pokok bahasan surah Al-Lahab pada setiap siklus. Model Pembelajaran Number Head Together menekankan pada proses belajar, dimana selama proses pembelajaran dibentuk kelompok belajar untuk membangun kerjasama peserta didik dalam pembelajaran sehingga secara tidak langsung dapat membangun pengetahuannya, yang telah dilandasi oleh struktur kognitif yang telah dimiliki masing-masing peserta didik. Sehingga hasil belajar akan lebih meningkat dan mengendap pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan melakukan pra silkus, siklus I dan siklus II. Pada setiap siklus dilakukan empat tahapan yakni penyusunan rencana, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar evaluasi hasil belajar kognitif peserta didik pada setiap siklusnya. Sementara yang dijadikan subjek penelitiab ini adalah peserta didik kelas IV MI PERSIS 29 Kota Bandung yang berjumlah 32 orang peserta didik. Rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran tipe Number Head Together adalah 67,19. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil pembelajaran adalah 84,37. Pada siklus II meningkat menjadi 94,06Hasil belajar kognitif tersebut menunjukan adanya penigkatan dari pra siklus sampai dengan siklus II. . Aktivitas belajar peserta didik meningkat dari siklus I mencapai 69% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 92%.Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: penelitian;Tindakan;Kelas
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Accounting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ima Dwi Kartika
Date Deposited: 03 Jul 2018 03:38
Last Modified: 03 Jul 2018 03:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10646

Actions (login required)

View Item View Item