Manajemen pendidikan karakter peduli lingkungan berbasis Green Mosques: Penelitian di SMAN 3 Kuningan dan SMPN 7 Cirebon

Rosanti, Atik (2025) Manajemen pendidikan karakter peduli lingkungan berbasis Green Mosques: Penelitian di SMAN 3 Kuningan dan SMPN 7 Cirebon. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3 keterangan plagiat (1).pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan karakter peduli lingkungan menjadi aspek krusial dalam membentuk kesadaran peserta didik terhadap pentingnya kelestarian alam. Sekolah memiliki peran strategis dalam menginternalisasi nilai-nilai kepedulian lingkungan melalui berbagai program pendidikan yang terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pendidikan karakter peduli lingkungan berbasis green mosque di SMAN 3 Kuningan dan SMPN 7 Cirebon. Fokus penelitian mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan program yang diterapkan dalam rangka membentuk karakter peserta didik yang peduli terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, wakasek, guru, petugas kebersihan, pengelola masjid sekolah, serta peserta didik yang terlibat aktif dalam program lingkungan. Selain itu, studi dokumentasi dilakukan untuk memahami kebijakan dan strategi sekolah dalam mengembangkan program berbasis green mosque dengan berpedoman pada konsep manajemen pendidikan menurut George R. Terry, teori pendidikan karakter Thomas Licona, serta konsep green mosque menurut GBCI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep green mosque di SMAN 3 Kuningan dan SMPN 7 Cirebon tidak hanya diterapkan pada aspek fisik masjid sekolah yang ramah lingkungan, tetapi juga dalam program edukatif yang membentuk karakter peserta didik. Beberapa program utama yang dijalankan meliputi pengelolaan sampah berbasis 3R (Reduce, Reuse, Recycle), penghijauan lingkungan sekolah, penggunaan energi terbarukan, serta kampanye kesadaran lingkungan yang terintegrasi dalam kegiatan keagamaan. Masjid sekolah menjadi pusat kegiatan yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai sarana pembelajaran bagi peserta didik dalam menerapkan nilai-nilai kepedulian lingkungan. Keberhasilan program ini sangat bergantung pada sinergi antara sekolah, peserta didik, orang tua, dan masyarakat sekitar. Dalam beberapa kasus, keterlibatan alumni dan organisasi lingkungan juga memberikan dampak positif dalam mendukung program yang berkelanjutan. Oleh karena itu, perlu adanya kebijakan yang lebih sistematis dalam mendukung sekolah-sekolah lain untuk mengadopsi konsep serupa. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan model pendidikan karakter peduli lingkungan di lingkungan sekolah. Dengan pendekatan yang tepat, masjid sekolah dapat menjadi pusat pembelajaran yang efektif dalam membentuk karakter peserta didik yang peduli terhadap lingkungan. Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih lanjut untuk memperkuat kebijakan, meningkatkan fasilitas, serta memberikan pendampingan bagi sekolah-sekolah yang ingin mengembangkan konsep green mosque sebagai bagian dari pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Green Mosque; Pendidikan Karakter
Subjects: Religious Education
Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Atik Rosanti
Date Deposited: 21 Apr 2025 03:23
Last Modified: 21 Apr 2025 03:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106479

Actions (login required)

View Item View Item