Rosanti, Atik (2025) Manajemen pendidikan karakter peduli lingkungan berbasis Green Mosques: Penelitian di SMAN 3 Kuningan dan SMPN 7 Cirebon. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3 keterangan plagiat (1).pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab I.pdf Download (561kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan karakter peduli lingkungan menjadi aspek krusial dalam membentuk kesadaran peserta didik terhadap pentingnya kelestarian alam. Sekolah memiliki peran strategis dalam menginternalisasi nilai-nilai kepedulian lingkungan melalui berbagai program pendidikan yang terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pendidikan karakter peduli lingkungan berbasis green mosque di SMAN 3 Kuningan dan SMPN 7 Cirebon. Fokus penelitian mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan program yang diterapkan dalam rangka membentuk karakter peserta didik yang peduli terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, wakasek, guru, petugas kebersihan, pengelola masjid sekolah, serta peserta didik yang terlibat aktif dalam program lingkungan. Selain itu, studi dokumentasi dilakukan untuk memahami kebijakan dan strategi sekolah dalam mengembangkan program berbasis green mosque dengan berpedoman pada konsep manajemen pendidikan menurut George R. Terry, teori pendidikan karakter Thomas Licona, serta konsep green mosque menurut GBCI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep green mosque di SMAN 3 Kuningan dan SMPN 7 Cirebon tidak hanya diterapkan pada aspek fisik masjid sekolah yang ramah lingkungan, tetapi juga dalam program edukatif yang membentuk karakter peserta didik. Beberapa program utama yang dijalankan meliputi pengelolaan sampah berbasis 3R (Reduce, Reuse, Recycle), penghijauan lingkungan sekolah, penggunaan energi terbarukan, serta kampanye kesadaran lingkungan yang terintegrasi dalam kegiatan keagamaan. Masjid sekolah menjadi pusat kegiatan yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai sarana pembelajaran bagi peserta didik dalam menerapkan nilai-nilai kepedulian lingkungan. Keberhasilan program ini sangat bergantung pada sinergi antara sekolah, peserta didik, orang tua, dan masyarakat sekitar. Dalam beberapa kasus, keterlibatan alumni dan organisasi lingkungan juga memberikan dampak positif dalam mendukung program yang berkelanjutan. Oleh karena itu, perlu adanya kebijakan yang lebih sistematis dalam mendukung sekolah-sekolah lain untuk mengadopsi konsep serupa. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan model pendidikan karakter peduli lingkungan di lingkungan sekolah. Dengan pendekatan yang tepat, masjid sekolah dapat menjadi pusat pembelajaran yang efektif dalam membentuk karakter peserta didik yang peduli terhadap lingkungan. Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih lanjut untuk memperkuat kebijakan, meningkatkan fasilitas, serta memberikan pendampingan bagi sekolah-sekolah yang ingin mengembangkan konsep green mosque sebagai bagian dari pendidikan karakter.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam; Green Mosque; Pendidikan Karakter |
Subjects: | Religious Education Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Atik Rosanti |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 03:23 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 03:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106479 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |