Adila, Inayah Hukmu (2025) Penerapan model Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media komik untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila; penelitian tindakan kelas di MIN 1 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT PERNYATAAN KARAYA SENDIRI)
3_Keteranganbebasplagiarisme.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftarisi.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_Bab1.pdf Download (830kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya permasalahan mengenai hasil belajar kognitif peserta didik di kelas V MIN 1 Kota Bandung pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila belum mencapai KKTP 75. Hal ini dibuktikan dari hasil penilaian dari 33 peserta didik terdapat 13 peserta didik yang belum tuntas dari KKTP yaitu 75. Pemerolehan data tersebut juga diperkuat ketika dilakukan wawancara terdapat beberapa peserta didik ketika diberikan penjelasan sering tidak paham terkait materi yang disampaikan. Sehingga mengakibatkan nilai yang diperoleh peserta didik menjadi rendah. Hal ini salah satunya disebabkan model pembelajaran yang digunakan kurang efektif dan monoton membuat peserta didik bosan dan tidak berminat serta peserta didik sulit mengingat materi pembelajaran dalam jangka panjang. Oleh karena itu tujuan penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran menggunakan model Value Clarification Technique. Keunggulan pada penelitian ini adalah dengan berbantuan media komik dalam proses perbaikan pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui dua siklus dan setiap siklus terdapat dua pertemuan. Jenis data menggunakan jenis data kualitatif dan jenis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Selain itu instrumen dalam penelitian yang diperlukan seperti Modul ajar, lembar evaluasi, lembar observasi pendidik dan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil, 1) hasil belajar kognitif peserta didik sebelum diterapkannya model Value Clarification Technique berbantuan media komik memperoleh nilai rata-rata 63 dengan ketuntasan klasikal sebanyak 39% dengan kategori kurang. 2) gambaran penerapan model Value Clarification Technique berbantuan media komik berjalan dengan lancar sesuai dengan tahapannya. Aktivitas peserta didik mengalami peningkatan pada setiap siklusnya dimana pada siklus II pertemuan 2 terakhir diperoleh persentase 84% dengan kategori baik sekali. Dengan demikian, tujuan penelitian tercapai.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Value Clarification Technique; Hasil belajar kognitif; komik |
Subjects: | Elementary Education Elementary Education > Other Studies for Elementary Education Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Inayah Hukmu Adila |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 06:22 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 06:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106563 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |