Penerapan model Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media komik untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila; penelitian tindakan kelas di MIN 1 Kota Bandung

Adila, Inayah Hukmu (2025) Penerapan model Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media komik untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila; penelitian tindakan kelas di MIN 1 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN KARAYA SENDIRI)
3_Keteranganbebasplagiarisme.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftarisi.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_Bab1.pdf

Download (830kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya permasalahan mengenai hasil belajar kognitif peserta didik di kelas V MIN 1 Kota Bandung pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila belum mencapai KKTP 75. Hal ini dibuktikan dari hasil penilaian dari 33 peserta didik terdapat 13 peserta didik yang belum tuntas dari KKTP yaitu 75. Pemerolehan data tersebut juga diperkuat ketika dilakukan wawancara terdapat beberapa peserta didik ketika diberikan penjelasan sering tidak paham terkait materi yang disampaikan. Sehingga mengakibatkan nilai yang diperoleh peserta didik menjadi rendah. Hal ini salah satunya disebabkan model pembelajaran yang digunakan kurang efektif dan monoton membuat peserta didik bosan dan tidak berminat serta peserta didik sulit mengingat materi pembelajaran dalam jangka panjang. Oleh karena itu tujuan penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran menggunakan model Value Clarification Technique. Keunggulan pada penelitian ini adalah dengan berbantuan media komik dalam proses perbaikan pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui dua siklus dan setiap siklus terdapat dua pertemuan. Jenis data menggunakan jenis data kualitatif dan jenis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Selain itu instrumen dalam penelitian yang diperlukan seperti Modul ajar, lembar evaluasi, lembar observasi pendidik dan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil, 1) hasil belajar kognitif peserta didik sebelum diterapkannya model Value Clarification Technique berbantuan media komik memperoleh nilai rata-rata 63 dengan ketuntasan klasikal sebanyak 39% dengan kategori kurang. 2) gambaran penerapan model Value Clarification Technique berbantuan media komik berjalan dengan lancar sesuai dengan tahapannya. Aktivitas peserta didik mengalami peningkatan pada setiap siklusnya dimana pada siklus II pertemuan 2 terakhir diperoleh persentase 84% dengan kategori baik sekali. Dengan demikian, tujuan penelitian tercapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Value Clarification Technique; Hasil belajar kognitif; komik
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Inayah Hukmu Adila
Date Deposited: 24 Apr 2025 06:22
Last Modified: 24 Apr 2025 06:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106563

Actions (login required)

View Item View Item