Pengembangan E-modul berbasis website interaktif pada mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadis Kelas 5: Penelitian Research and Development di kelas V MI Al-Mujtahidin

Aripin, Fajar Yusrin Hoirul (2025) Pengembangan E-modul berbasis website interaktif pada mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadis Kelas 5: Penelitian Research and Development di kelas V MI Al-Mujtahidin. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Salah satunya yaitu pemanfaataan teknologi dalam pembelajaran. Pengembangan media e-modul ini penting untuk dilakukan guna untuk meingkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Al-Qur’an dan Hadis. Dengan adanya teknologi e-modul berbasis website interaktif diharapkan siswa lebih mudah memahami mata pelajaran di manapun, kapanpun demi tercapainya tujuan pembelajaran yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain e-modul pembelajaran berbasis website interaktif yang dikembangkan pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis di MI Kelas 5. Selain itu juga untuk mengetahui bagaimana pengembangan media e-modul pembelajaran berbasis website interaktif pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis di MI Kelas 5 dan tujuan terakhir yaitu Untuk memahami tanggapan peserta didik terhadap e-modul pembelajaran berbasis website interaktif pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis di MI Kelas 5. Metode yang digunakan pada penlitian ini yaitu metodologi pengembangan atau biasa disebut dengan Research and Development. Di mana pada metode ini terdapat 10 tahapan yang dimodifikasi menjadi 8 tahapan, yang mana akhir dari penelitian ini yaitu mengembangkan suatu produk yang sudah tervalidasi dan teruji kelayakannya. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) pengembangan e-modul berbasis website yang dibuat memerlukan beberapa software dan website khusus seperti Balsamiq Wireframes, VSCode Studio, dan Github. (2) desain e-modul berisikan tampilan utama, evaluasi, materi dan about untuk deskripsi peneliti (3) tahapan berikutnya yaitu mengetahui kelayakan dari ahli materi dan ahli media, validasi ahli materi memperoleh rerata 4,06 dengan kategori baik sebagai media pembelajaran, sedangkan hasil dari validasi ahli media mendapatkan skor rerata 4,5 dengan kategori sangat layak sebagai media pembelajaran. (4) uji coba yang dilakukan untuk mengetahui respon siswa terhadap media e-modul yang dibuat dilakukan dengan dua tahapan yaitu dengan kelompok kecil yang terdiri dari empat orang peserta didik dan kelompok besar terdiri dari 12 peserta didik, diperoleh hasil dari uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil 87,5% dengan kategori sangat layak dan hasil uji coba kelompok besar memperoleh hasil 83 % dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut maka e-modul pembelajran berbasis website pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis dinyatakan baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an dan Hadis; e-modul pembelajaran; website interaktif
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fajar Yusrin Hoirul Aripin
Date Deposited: 25 Apr 2025 02:13
Last Modified: 25 Apr 2025 02:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106599

Actions (login required)

View Item View Item