Saedi, Fitria Rahmah (2025) Kegiatan hubungan masyarakat dalam meningkatkan mutu pelayanan publik di Rumah Sakit Umum : Studi deskriptif di Rumah Sakit Umum Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover (3).pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi (2).pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Surat Bebas Plagiasi - Fitria Rahmah Saedi.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
5_BAB II (1).pdf Download (322kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
9_LAMPIRAN (5).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Rumah sakit adalah lembaga pelayanan kesehatan yang menyediakan layanan komprehensif, dengan kesuksesan bergantung pada penggunaan sumber daya efektif dan kepuasan pelanggan. RSUD Subang, satu-satunya rumah sakit negeri Kelas B di Kabupaten Subang, membutuhkan peran humas yang kuat untuk membangun hubungan internal dan eksternal. Penelitian bertujuan mengevaluasi kegiatan hubungan masyarakat dalam meningkatkan mutu pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki secara komprehensif kegiatan hubungan masyarakat di RSUD Subang dalam upaya peningkatan mutu pelayanan publik, meliputi proses dan teknik pengumpulan fakta, bentuk perencanaan dan program kegiatan, aksi dan komunikasi, serta evaluasi kegiatan humas guna menghasilkan strategi yang efektif dalam membangun hubungan dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan di rumah sakit tersebut. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme. Peneliti melakukan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini didasari oleh teori Cutlip and Center (2009) yang mengemukakan bahwa Public Relationsmerupakan bagian dari proses perubahan dan pemecahan masalah organisasi yang dilakukan secara ilmiah melalui empat tahapan proses: identifikasi masalah, perencanaan strategi, implementasi program, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kegiatan hubungan masyarakat dalam meningkatkan mutu pelayanan publik di Rumah Sakit Umum Daerah Subang, dengan fokus pada proses pengumpulan fakta, implementasi aksi dan komunikasi, serta evaluasi kegiatan humas. Hasilnya menunjukkan bahwa Humas RSUD Subang mengidentifikasi masalah bertahap, mengembangkan perencanaan strategis sistematis, dan merancang program inovatif untuk meningkatkan pelayanan publik. Fokus utamanya adalah komunikasi efektif, penguatan sistem informasi, dan pengembangan sumber daya manusia, dengan tujuan menciptakan pelayanan kesehatan yang responsif, empatik, dan berkelanjutan. Kata Kunci: Humas, Mutu Pelayanan Publik, Rumah Sakit Umum Daerah, Komunikasi Publik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Humas; Mutu Pelayanan Publik; Rumah Sakit Umum Daerah; Komunikasi Publik |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Fitria Rahmah Saedi |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 02:47 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 02:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106692 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |