Pengaruh intervensi kebijakan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) terhadap kepercayaan konsumen di Kota Bandung

Abdillah, Fauzan Hanif (2025) Pengaruh intervensi kebijakan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) terhadap kepercayaan konsumen di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagirsm.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah Indonesia mengintervensi perubahan kebijakan perpajakan melalui UU No. 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan. Salah satu perubahan kebijakan yang diatur yaitu adanya kenaikan tarif PPN menjadi 11% sebagai usaha untuk meningkatkan penerimaan negara dan mengatur pola konsumsi masyarakat. Namun pada kenyataannya, di Kota Bandung, indeks kepercayaan konsumen justru stagnan dan berada di bawah rata-rata nasional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh intervensi kebijakan tarif PPN terhadap kepercayaan konsumen di Kota Bandung. Selain itu, penelitian ini sekaligus ingin mengidentifikasi besaran pengaruh yang dikontribusikan oleh variabel intervensi kebijakan dan dimensi-dimensi nya untuk mempengaruhi variabel kepercayaan konsumen. Penelitian ini berangkat dari teori Kebijakan Ekonomi Keynesian yang menyebutkan bahwa salah satu faktor objektif utama yang mempengaruhi kecenderungan untuk mengkonsumsi yaitu perubahan pada kebijakan fiskal. Oleh karena itu, hipotesis yang ditetapkan peneliti yaitu H0: Tidak terdapat pengaruh antara intervensi kebijakan tarif PPN terhadap kepercayaan konsumen di Kota Bandung dan H1: Terdapat pengaruh antara intervensi kebijakan tarif PPN terhadap kepercayaan konsumen di Kota Bandung. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif kausalitas dengan menggunakan survei kuesioner kepada 349 sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji non-parametrik PLS-SEM dengan pendekatan second order (embedded two-stage approach) tipe reflective-reflective. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara intervensi kebijakan tarif PPN terhadap kepercayaan konsumen dengan besaran pengaruh sebesar 72,3%. Selain itu, dimensi agent, target, time and place, dan mechanism pada variabel intervensi kebijakan secara berurutan mampu berkontribusi dengan sumbangan efektif sebesar 26%, 8%, 14%, dan 25% untuk mempengaruhi kepercayaan konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: intervensi kebijakan; PPN; kepercayaan konsumen; PLS-SEM
Subjects: Public Finance > Taxes and Taxation
Public Finance > Fiscal Policy, Public Borrowing, Debt, Expenditure
General Management > Consumer Behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Fauzan Hanif Abdillah
Date Deposited: 25 Apr 2025 06:17
Last Modified: 25 Apr 2025 07:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106722

Actions (login required)

View Item View Item