Pengaruh stres akademik terhadap subjective Well-Being dengan dukungan sosial sebagai variabel moderator

Baiti, Raihany Rahmah (2024) Pengaruh stres akademik terhadap subjective Well-Being dengan dukungan sosial sebagai variabel moderator. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
10_skplagiarisme (2).pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Stres akademik banyak terjadi di kalangan siswa saat ini. Sehingga diperlukan penanganan yang lebih serius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres akademik terhadap subjective well-being dengan dimoderatori oleh dukungan sosial. Metode kuantitatif dengan pendekatan kausalitas digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian berjumlah 328 siswa kelas XI SMA. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA) untuk mengukur stres akademik, Students Subjective Well-Being Questionnaire (SSWQ) untuk mengukur subjective well-being, dan Interpersonal Support Evaluation List-12 (ISEL-12) untuk mengukur dukungan sosial. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil uji MRA menunjukkan dukungan sosial dapat memoderasi pengaruh stres akademik terhadap subjective well-being dengan nilai signifikansi sebesar 0.010 < 0.05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: stres akademik; subjective well-being; dukungan sosial
Subjects: Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Raihany Rahmah Baiti
Date Deposited: 29 Apr 2025 06:17
Last Modified: 29 Apr 2025 06:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106843

Actions (login required)

View Item View Item