Penerapan metode Tamyiz untuk meningkatkan kemampuan penguasaan Mufradat (Kosakata) dalam mata pelajaran bahasa Arab: Penelitian tindakan kelas di Kelas VI MI Al-Mujtahidin Padalarang

Habani, Reva Rifatul (2025) Penerapan metode Tamyiz untuk meningkatkan kemampuan penguasaan Mufradat (Kosakata) dalam mata pelajaran bahasa Arab: Penelitian tindakan kelas di Kelas VI MI Al-Mujtahidin Padalarang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarisme.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Reva Rifatul Habani. 1202090150. 2025 “Penerapan Metode Tamyiz Dalam Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Mufradat (Kosakata) Dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas VI A MI Al-Mujtahidin Padalarang). Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan penguasaan mufradat peserta didik. Hal ini terjadi karena dalam proses pembelajarannya guru masih menggunakan metode konvensional, pembelajaran yang kurang kondusif dan sugesti peserta didik yang mengkalim pembelajaran bahasa arab itu sulit. Sehingga pada saat diperintahkan menganalisis tiap mufradat dalam rangka memudahkan penerjemahan peserta didik masih kebingungan dan kesulitan. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan penguasaan mufradat peserta didik dengan menggunakan metode tamyiz dalam mata pelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas VI A MI Al-Mujtahidin padalarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa, kemampuan penguasaan mufradat peserta didik sebelum menggunakan metode tamyiz baru 10 orang yang tuntas dengan nilai rata-rata 49,77 dan nilai ketuntasan klasikal 45,45%. Penerapan metode tamyiz pada mata pelajaran Bahasa Arab terlaksana dengan baik. Terlihat dari hasil observasi aktivitas guru secara berturut-turut pada siklus I, siklus II dan siklus III diperoleh persentase sebesar 100% yang memiliki arti bahwa 12 aspek yang menjadi pengamatan guru telah terlaksana. Adapun hasil observasi peserta didik secara berturut-turut mengalami peningkatan dengan perolehan pada siklus I sebesar 86,72%, siklus II 92,40%, dan pada siklus III sebesar 99,68%. Terjadinya peningkatan kemampuan penguasaan mufradat peserta didik dilihat dari perolehan nilai rata-rata yaitu pada siklus I sebesar 58,86, siklus II 61,14, dan siklus III 77,73. Ketuntasan Klasikal kemampuan penguasaan mufradat peserta pada siklus I sebesar 72,72% sedangkan pada siklus II mengalami penurunan yaitu menjadi 63,63% namun pada siklus III kembali meningkat secara signifikan bahkan lebih besar dari perolehan siklus I dan langsung memenuhi ketuntasan klasikal yang ditentukan yaitu dengan perolehan 86,36% dengan kategori sangat baik. Bahkan peneliti memberikan soal tes tambahan kepada peserta didik yang mencakup materi siklus I, siklus II dan siklus III, perolehan nilai rata-rata peserta didik adalah 69,77 dan presentase ketuntasan klasikal yaitu 77,27% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode; Tamyiz; Penguasaan Mufradat
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Reva Rifatul Habani
Date Deposited: 30 Apr 2025 02:49
Last Modified: 30 Apr 2025 02:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106876

Actions (login required)

View Item View Item