Felianti, Novia (2011) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II pada subkonsep alkana, alkena dan alkuna: penelitian kelas pada siswa kelas X-B MA Al-Istiqomah Cijerah Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (103kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
Abstract
Subkonsep alkana, alkena dan alkuna merupakan materi yang melibatkan banyak konsep abstrak yang harus dipelajari siswa dan kompleksnya keterkaitan antara konsep-konsep tersebut seringkali berpotensi menimbulkan kesulitan siswa dalam mempelajarinya padahal materi ini merupakan konsep dasar yang perlu dikuasai karena berkaitan dengan konsep kimia selanjutnya. Berdasarkan studi pendahuluan, pembelajaran konsep ini masih bersifat guru sebagai pusat pembelajaran. Proses pembelajaran kimia yang masih didominasi oleh guru sebagai pusat pembelajaran dapat menyebabkan siswa menjadi kurang aktif, sehingga tidak terjalinnya interaksi untuk saling bertukar pikiran, ide dan pengetahuannya secara harmonis. Dampaknya dapat menyebabkan rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran kimia sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Salah satu alternatif yang dapat dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kelas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II dan mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran subkonsep alkana, alkena dan alkuna. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah observasi pelaksanaan pembelajaran, pre test dan post test. Jenis data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: a) keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II berdasarkan aktivitas guru dan berdasarkan aktivitas siswa dari keseluruhan indikator keterampilan kooperatif diperoleh nilai rata-rata sebesar 80% dengan kategori baik, b) hasil belajar siswa (posttest) memperoleh nilai rata-rata 75 dengan kategori baik dan pada pretest memperoleh nilai 32 dengan kategori gagal. Secara statistik diperoleh data hasil thitung sebesar 18,76 dan ttabel sebesar 2,038. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa 18,76 > 2,038 atau thitung > ttabel maka Ha diterima yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre test dan post test setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II pada subkonsep alkana, alkena dan alkuna.Teknik jigsaw II ini memiliki keunggulan dimana siswa dikondisikan untuk beraktivitas secara kooperatif dalam dua kelompok, yaitu kelompok asal dan kelompok ahli. Aktivitas tersebut meliputi saling berbagi pengetahuan, ide, menyanggah, memberikan umpan balik, dan mengajar rekan sebayanya. Seluruh aktivitas tersebut dapat menciptakan lingkungan belajar dimana siswa secara aktif melaksanakan tugas dengan keterampilan berpikir sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alkena dan Alkuna; senyawa hidrokarbon; Alkana; Tipe Jigsaw II; Pembelajaran Kooperatif; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 04:10 |
Last Modified: | 10 Dec 2018 02:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1070 |
Actions (login required)
View Item |