Penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I A MI Al-Mujtahidin, Kec. Padalarang Kab. Bandung Barat

Erfaz, Tria Seftica Sabina (2025) Penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I A MI Al-Mujtahidin, Kec. Padalarang Kab. Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skplagiarisme.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan membaca permulaan, selain tingkat kemampuan siswa yang beragam, media pembelajaran yang digunakan selama proses kegiatan membaca, latar belakang siswa pun menjadi salah satu alasan pengaruh kemampuan siswa pada proses kegiatan membaca di kelas 1A MI Al-Mujtahidin Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa sebelum menggunakan media kartu kata. 2) Mengetahui proses penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. 3) Mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa setelah menggunakan media kartu kata. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan hasil observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan teori mengatakan bahwa dengan menggunakan media kartu kata mampu menciptakan suasana kelas yang lebih menyenangkan dengan memadukan unsur permainan dengan pembelajaran. Di samping itu, media kartu kata efektif dimanfaatkan untuk memperkenalkan kosakata kepada anak-anak lewat kegiatan pengenalan simbol huruf. Dari penelitian yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Sebelum menggunakan media kartu kata, kemampuan membaca permulaan siswa pada tahapan pra siklus berada dalam kategori sangat rendah, dengan rata-rata nilai sebesar 64,29 dan persentase ketuntasan belajar klasikal hanya 42%, rmasuk dalam kategori "Kurang Sekali". 2) Penggunaan media kartu kata berjalan dengan baik, sesuai dengan yang diharapkan, dan dilaksanakan sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan oleh peneliti. 3) Kemampuan membaca permulaan siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia menunjukkan peningkatan pada setiap siklus yang dilakukan. Pada tahapan siklus I nilai rata-rata siswa yang diperoleh sebesar 74,21 pada tahapan siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu sebesar 85,91 dengan interpretasi ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu sebesar 71% dan pada siklus II sebesar 87,5% hasil observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan. Pada hasil siklus I hasil observasi aktivitas guru diperoleh sebesar 94% dan pada siklus II diperoleh sebesar 100%. Sedangkat hasil observasi aktivitas siswa pada tahapan siklus I diperoleh sebesar 75% dan pada dtahapan siklus II mengalami peningkatan sehingga diperoleh sebesar 89%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1A MI Al-Mujtahidin Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan; Media Pembelajaran; Kartu Kata
Subjects: Education, Research
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tria Seftica Sabina Erfaz
Date Deposited: 05 May 2025 07:26
Last Modified: 05 May 2025 07:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107144

Actions (login required)

View Item View Item