Penerapan Project-Based Learning pada pembuatan sabun padat dengan penambahan ekstrak biji kurma sebagai antioksidan untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa

Fauziah, Aslamul (2025) Penerapan Project-Based Learning pada pembuatan sabun padat dengan penambahan ekstrak biji kurma sebagai antioksidan untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
pernyataan (1).pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mahasiswa, menganalisis kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan LK, serta mendeskripsikan kreativitas mahasiswa pada sabun padat dengan tambahan ekstrak biji kurma sebagai antioksidan pada penerapan model project-based learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pre experiment dengan desain one-shot case study. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas mahasiswa, LK mahasiswa berbasis proyek, dan lembar penilaian pengembangan kreativitas mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mahasiswa dalam penerapan project-based learning pada pembuatan sabun padat dengan tambahan ekstrak biji kurma dari limbah organik memiliki rata-rata sebesar 90,8% dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian LK berbasis proyek memiliki rata-rata sebesar 89 dengan kategori baik sekali. Hasil kreativitas mahasiswa rata-rata sebesar 84,5 dengan kategori kreatif. Dengan demikian, model project-based learning dapat mengembangkan kreativitas mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: project-based learning; ekstrak biji kurma; kreativitas; antioksidan
Subjects: Elementary Education > Science for Elementary Education
Procedures, Equipment of Chemistry > Laboratories of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Aslamul Fauziah
Date Deposited: 08 May 2025 04:24
Last Modified: 08 May 2025 04:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107398

Actions (login required)

View Item View Item