Supriatna, Ikbal (2025) Pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru: Penelitian di Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Al-Baqiyatussholihat Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
Hasil Plagiarisme_ Ikbal Supriatna .pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (540kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran-lampiran (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Melihat maju atau tidaknya suatu negara sangat ditentukan oleh tingkat sumber daya manusianya, sedangkan indikator kualitas sumber daya manusia ditentukan oleh tingkat pendidikan masyarakatnya. Semakin tinggi tingkat pendidikan maka semakin baik sumber daya manusianya, begitupula sebaliknya pendidik yang baik dan berkualitas akan mempengaruhi pendidikan yang baik. Penelitian ini memiliki tujuan 1). Untuk mengetahui seberapa tinggi kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru di Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Al-Baqiyatussholihat, 2). Untuk mengetahui seberapa tinggi kinerja guru di Yayasan Lembaga Islam Al-Baqiyatussholihat. 3). Untuk mengetahui pengaruh komeptensi pedagogik terhadap kinerja guru di Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Al-Baqiyatussholihat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif verifikatif (explanatory). Sampel pada penelitian ini berjumlah 71 orang. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angkat kuesioner. Adapun teknik analisis pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 26 dengan Analisis Instrumen (Validitas dan Reliabilitas), Analisis Statistik Deskriptif, Analisis Asumsi (Normalitas dan Linearitas) dan Statistik Inferensial terdiri dari Uji Korelasi Koefisien, Uji Signifikansi Model Regresi (Uji F dan Uji T), Uji Regresi Linear Sederhana dan Uji Pengaruh (Koefisien Determinasi). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Realitas variabel (X) Kompetensi Pedagogik termasuk pada kategori “Tinggi”, karena berada dalam rentang interval 2,50 – 3,24 yaitu nilai diperoleh sebesar 2,90. Realitas variabel (Y) Kinerja Guru termasuk pada kategori “Tinggi”, karena berada pada rentang interval 2,50 – 3,24 yaitu diperoleh nilai sebesar 3,00. Adapun Pengembangan keprofesian berkelanjutan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan oleh nilai taraf signifikan 0,000 < 0,05. dan Thitung = 17,217 > Ttabel = 0,230 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R square) diperoleh hasil sebesar 0,345, yang menunjukkan bahwa Pengaruh Kompetensi Pedagogik terhadap Kinerja Guru adalah sebesar 34,5%. Sedangkan sisanya sebesar 65,5% disebabkan oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini seperti prestasi pribadi guru, prestasi sekolah dan lain sebagainya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik; Kinerja Guru |
Subjects: | Customs of People > Organization and Management General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ikbal Supriatna |
Date Deposited: | 16 May 2025 06:32 |
Last Modified: | 16 May 2025 06:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107491 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |