Hubungan konsentrasi belajar dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas IV di MI Al-Mujtahidin Kecamatan Padalarang : Penelitian korelasional siswa kelas IV di MI Al-Mujtahidin

Azmi, Nurul (2025) Hubungan konsentrasi belajar dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas IV di MI Al-Mujtahidin Kecamatan Padalarang : Penelitian korelasional siswa kelas IV di MI Al-Mujtahidin. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah yang terjadi di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujtahidin, berdasarkan observasi menunjukkan bahwa kurangnya konsentrasi belajar siswa pada saat pembelajaran Qur’an Hadits dan rendahnya hasil belajar kognitif siswa. Sehingga peneliti ingin melihat apakah kurangnya konsentrasi siswa berdampak pada hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Qur’an Hadits. Tujuan penelitian ini yang peneliti telah rumuskan adalah 1) Untuk mengetahui konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas IV di MI Al-Mujtahidin 2) Untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di kelas IV di MI Al-Mujtahidin 3) Untuk mengetahui hubungan antara konsentrasi belajar dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di kelas IV di MI Al-Mujtahidin dan 4) Seberapa besar pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits siswa kelas IV di MI Al Mujtahidin, Kecamatan Padalarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dengan skala likert, dengan pernyataan yang diturunkan dari indikator konsentrasi belajar dan hasil belajar kognitif. Data dikumpulkan dari 40 responden dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasidan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif dan inferensial, yang mencakup, 1) uji normalitas, 2) uji linearitasdan 3) uji korelasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa kedua variabel dinyatakan berdistribusi normal, kedua variabel dinyatakan linear, kemudian kedua variabel saling berpengaruh dan memiliki hubungan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,608 yang artinya berada pada tingkat korelasi yang tinggi, sehingga hubungannya tergolong kuat.. Sedangkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,370 atau sama dengan 37%, berarti konsentrasi belajar berpengaruh sebesar 37% terhadap hasil belajar kognitif dan 63% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar konsentrasi belajar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan dan pengaruh antara konsentrasi belajar dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Qur’an Haditskelas IV Di MI Al-Mujtahidin Kecamatan Padalarang. Hubungan yang terdapat pada penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi belajar berarti semakin tinggi juga hasil belajar kognitifnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi Belajar; Hasil Belajar Kognitif; Qur’an Hadits;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Education
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Azmi Nurul
Date Deposited: 09 May 2025 01:49
Last Modified: 09 May 2025 01:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107527

Actions (login required)

View Item View Item