Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia

Rachman, Firyal Rifdah (2025) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_keteranganbebasplagiarism.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (502kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kesulitan memahami materi berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan menganalisis hasil belajar IPA siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi sistem pencernaan manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode quasi experiment dengan jenis desain non equivalent control group dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII-A dan VIII-B dengan subjek penelitian sebanyak 48 siswa. Instrumen berupa soal pilihan ganda dengan indikator mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan yang berjumlah 20. Analisis data menggunakan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Data hasil belajar berupa nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen yaitu 48 dan 68, sedangkan nilai rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol yaitu 53 dan 63. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung 1,71 ≥ ttabel 1,67, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar pada materi sistem pencernaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament; Hasil Belajar; Sistem Pencernaan
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Physiology
Human Anatomy, Cytology, Histology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Firyal Rifdah Rachman
Date Deposited: 14 May 2025 02:32
Last Modified: 14 May 2025 02:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107539

Actions (login required)

View Item View Item