Rachman, Firyal Rifdah (2025) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_keteranganbebasplagiarism.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (502kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (973kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Kesulitan memahami materi berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan menganalisis hasil belajar IPA siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi sistem pencernaan manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode quasi experiment dengan jenis desain non equivalent control group dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII-A dan VIII-B dengan subjek penelitian sebanyak 48 siswa. Instrumen berupa soal pilihan ganda dengan indikator mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan yang berjumlah 20. Analisis data menggunakan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Data hasil belajar berupa nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen yaitu 48 dan 68, sedangkan nilai rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol yaitu 53 dan 63. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung 1,71 ≥ ttabel 1,67, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar pada materi sistem pencernaan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teams Games Tournament; Hasil Belajar; Sistem Pencernaan |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Physiology Human Anatomy, Cytology, Histology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Firyal Rifdah Rachman |
Date Deposited: | 14 May 2025 02:32 |
Last Modified: | 14 May 2025 02:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107539 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |