Auliya, Permata Nurul (2025) Rebranding Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dalam merepresentasikan transformasi pendidikan : Studi deskriptif kualitatif pada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (510kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) merupakan salah satu instansi pemerintah yang memiliki tanggung jawab dalam menyelenggarakan pelayanan pengelolaan di bidang sektor pendidikan tingkat SMA, SMK, SLB, guru dan tenaga kependidikan di Jawa Barat. Disdik Jabar dalam mewujudkan pendidikan yang maju dan berkarakter dengan melakukan program rebranding mengenai transformasi pendidikan. Rebranding dilaksanakan Disdik Jabar berguna untuk menguatkan identitas yang telah dikenal sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahapan rebranding yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dalam merepresentasikan Transformasi Pendidikan melalui teori rebranding yang dikemukakan oleh Muzzelec, Doogan dan Lambkin (2003), teori ini terdiri dari empat tahapan yaitu, renaming, repositioning, redesign, dan relaunch.. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivistik dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, yang mendeskripsikan secara rinci. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan rebranding Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dalam Merepresentasikan Transformasi Pendidikan dilakukan sesuai dengan teori rebranding yang dikemukakan oleh Muzellec, Doogan dan Lambkin yakni: 1) redesign, Disdik Jabar melakukan perubahan identitas melalui media visual dan audio, yaitu perubahan logo, penambahan maskot tagline dan jingle. 2) repositioning, Disdik Jabar memperbaharui program berdasarkan pada empat paradigma yaitu, dynamic governance (pemerataan akses) goverenance network wall off governance forvernance (integrasi TI dan komunitas pendidikan) serta pembuatan tagline untuk memudahkan masyarakat mengingat posisi baru. 3) relaunch, Disdik Jabar melakukan penyebaran informasi mengenai rebranding melalui seluruh media sosial seperti instagram, youtube dan website resmi Disdik Jabar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rebranding; Transformasi Pendidikan; Disdik Jabar |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | permata nurul auliya |
Date Deposited: | 15 May 2025 04:27 |
Last Modified: | 16 May 2025 06:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107852 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |