Morfometri dan profil hematologi ayam broiler (Gallus domesticus) yang diberi tepung maggot Hermetia illucens dan ekstrak propolis (Trigona sp.)

Nurlina, Ina (2017) Morfometri dan profil hematologi ayam broiler (Gallus domesticus) yang diberi tepung maggot Hermetia illucens dan ekstrak propolis (Trigona sp.). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text (BAB IV)
7-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)

Abstract

Ayam broiler merupakan jenis ternak yang banyak dikembangkan sebagai sumber kebutuhan protein hewani. Tepung Maggot Hermetia illucens merupakan salah satu jenis serangga potensial yang dapat dimanfaatkan sebagai agen pengurai limbah dan dapat juga dijadikan salah satu sumber protein alternatif pengganti tepung ikan yang ketersediannya mulai terbatas. Ekstrak propolis (Trigona sp.) diketahui dapat membantu mengoptimalkan kondisi kesehatan karena mengandung senyawa kompleks vitamin, mineral, enzim, senyawa fenolik dan flavonoid. Penelitian dengan metode eksperimental bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung maggot dan ekstrak propolis terhadap studi morfometri dan profil hematologi. Dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap, 40 ekor ayam broiler dikelompokan dalam empat perlakuan. Parameter yang diamati yaitu studi morfometri bagian luar, morfometri bagian dalam, jumlah sel darah merah, jumlah sel darah putih, jumlah hemoglobin dan kadar hematokrit. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian tepung maggot dengan ekstrak propolis pada morfometri bagian luar berpengaruh nyata pada panjang punggung P3 (16,25±1,20 cm), lingkar dada P1 (27,78±1,80 cm), panjang sayap P3 (14,76±1,47 cm) dan panjang kaki P2 (7,81±0,99 cm). Sedangkan pada morfometri bagian dalam berpengaruh nyata pada panjang usus P1 (159,22±4,26 cm), bobot usus P1 (65,11±4,45 g) dan bobot empedal P1 (39,24±0,69 g). Pada hasil hematologi ayam broiler tidak berpengarug nyata pada jumlah sel darah merah, jumlah sel darah putih, kadar hemoglobin, dan nilai hematokrit darah ayam broiler.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gallus domesticus; Hermetia illucens; Trigona sp.; morfometri; hematologi
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: INA NURLINA
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:24
Last Modified: 05 Jul 2018 04:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10789

Actions (login required)

View Item View Item