Negara, Ridwan Arifin Wangsa (2024) Keterampilan 4C (Kolaboratif, Kreatif, Berpikir Kritis, dan Komunikatif) dalam pembelajaran abad ke-21 perspektif Hadis Tarbawi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (331kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (954kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
Abstract
Fenomena pendidikan di era Abad 21 menghadirkan tantangan baru dengan tuntutan zaman yang semakin berkembang. Salah satu konsep utama dalam pendidikan modern adalah 4C: Collaborative, Creative, Critical Thinking, dan Communicative. Islam sebagai agama holistik memberikan petunjuk dalam seluruh sendi kehidupan, termasuk pendidikan. Untuk mengintegrasikan konsep 4C dalam pembelajaran abad 21 dengan nuansa Islami, penting untuk mengaitkannya dengan hadis-hadis tarbawi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi validitas, kandungan, dan nilai-nilai dari hadis-hadis tarbawi yang berkaitan dengan konsep 4C dalam pembelajaran abad 21. Pertanyaan penelitian yang diajukan meliputi: Bagaimana validitas hadis-hadis tarbawi yang berkaitan dengan konsep 4C? Bagaimana kandungan hadis-hadis tarbawi dalam konteks pembelajaran abad 21? Bagaimana nilai-nilai konsep 4C dapat diidentifikasi dan dianalisis dalam hadis-hadis tarbawi? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis isi terhadap hadis-hadis tarbawi yang terdapat dalam kutub al-tis'ah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kontekstual. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan teologi dan ilmu hadis yang mencakup takhrij serta metodologi pemahaman hadis menurut Syaikh Yusuf al-Qardhawi dalam kitabnya ”kaifa nata’ammal ma’a al-sunnah”. Sumber primer yang digunakan adalah kutub al-tis’ah, jurnal ilmiah, dan buku yang relevan. Sumber sekunder mencakup artikel, majalah, dan opini yang relevan, sementara sumber tersier meliputi kamus dan informasi dari artikel di internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan hadis-hadis tarbawi yang terkait dengan keterampilan 4C pada kutub al-tis’ah dan juga kitab hadis lainnya. Hadis tarbawi mengandung prinsip-prinsip yang mendukung pengembangan keterampilan 4C. Sebagian hadis yang dianalisis berderajat dha‘īf, namun tetap dapat dijadikan rujukan dalam konteks pendidikan, karena tidak berkaitan dengan akidah dan ahkam syar’iyyah. Hal ini sesuai dengan pendapat para ulama yang membolehkan penggunaan hadis dha‘īf dalam ranah fadā’il al-a‘māl dan pembinaan karakter dengan syarat tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariat. Temuan ini menunjukkan bahwa hadis tarbawi relevan untuk dijadikan sebagai landasan normatif dalam pengembangan pendidikan karakter dan keterampilan abad ke-21. Kandungan hadis menunjukkan bahwa konsep 4C sudah tersirat dalam ajaran Islam dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterampilan siswa untuk menghadapi tantangan abad 21.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hadis Tarbawi; Pembelajaran Abad 21; 4C Skills; Pendidikan; Islam |
Subjects: | Islam > Hadith Islam > Study of Text of Hadith Islam > Islamic Religious Education Al-Hadits dan yang Berkaitan > Ilmu Hadits |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Hadits |
Depositing User: | Wangsa Negara Ridwan Arifin |
Date Deposited: | 22 May 2025 03:37 |
Last Modified: | 22 May 2025 03:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107922 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |