Rahman, Afril Afrillia Muthia (2025) Implementasi metode ARKA (Aktivitas, Refleksi, Konseptualisasi, dan Aplikasi ) pada mata pelajaran Akidah Akhlak pengaruhnya terhadap karakter disiplin dan kemandirian siswa: Penelitian Quasi Experiment terhadap siswa kelas X di MAN 2 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1. Cover.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Surat Ket. Bebas Plagiasi.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4. Daftar Isi (1).pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5. BAB I.pdf Download (307kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. Daftar Pustala.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam dunia pendidikan, pembentukan karakter disiplin dan kemandirian siswa menjadi salah satu tujuan utama, terutama dalam pembelajaran Akidah Akhlak yang menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual. Namun, masih terdapat tantangan dalam menumbuhkan karakter disiplin dan kemandirian, khususnya pada siswa yang terbiasa dengan pembelajaran pasif. Metode ARKA (Aktivitas, Refleksi, Konseptualisasi, dan Aplikasi) menawarkan pendekatan aktif dan partisipatif. Siswa diajak memahami materi, merefleksikan, serta mengaitkan dengan pengalaman nyata. Hal ini mendorong penerapan nilai dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses implementasi metode ARKA dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas X MAN 2 Kota Bandung. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan metode ARKA terhadap pembentukan karakter disiplin dan kemandirian siswa. Metode ARKA diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran serta membentuk karakter positif pada peserta didik. Teori yang digunakan adalah Metode ARKA terdiri dari aktivitas, refleksi, konseptualisasi, dan aplikasi,yang dirancang untuk mendukung perkembangan belajar siswa dan karakter siswa (Rosenda, Sanusi, Nurhakim). Sedangkan indikator disiplin terdiri-dari : tepat waktu, tidak bolos, tertib, rajin, mandiri dalam belajar, jujur dan tingkah laku menyenangkan (Moenir). Indikator kemandirian terdiri-dari :keinginan belajar yang kuat, inisiatif keputusan, percaya diri dan tanggung jawab (Desmita). Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment untuk mengukur pengaruh Metode ARKA (Aktivitas, Refleksi, Konseptualisasi, dan Aplikasi) terhadap karakter disiplin dan kemandirian siswa kelas X di MAN 2 Kota Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, wawancara, guna menggali pemahaman mendalam dari siswa dan guru terkait implementasi metode ARKA; serta observasi. Selain itu, dokumentasi digunakan sebagai data pendukung terkait proses pembelajaran. Analisis data dilakukan secara statistik, dengan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, serta uji hipotesis untuk melihat signifikansi pengaruh metode ARKA terhadap peningkatan disiplin dan kemandirian siswa. Berdasarkan hasil penelitian, proses implementasi metode ARKA (Aktivitas, Refleksi, Konseptualisasi, dan Aplikasi) terbukti sangat baik dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas X MAN 2 Kota Bandung. Penerapannya mendorong siswa untuk lebih aktif, memahami materi secara lebih mendalam melalui refleksi, serta menghubungkan teori dengan pengalaman nyata. Selain itu, metode ini memiliki pengaruh yang sangat tinggi terhadap pembentukan karakter disiplin siswa, terlihat dari meningkatnya tanggung jawab dalam mengelola waktu dan menyelesaikan tugas tepat waktu. Tidak hanya itu, metode ARKA juga meningkatkan kemandirian siswa dengan mendorong mereka belajar mandiri, mencari informasi, dan mengambil keputusan. Siswa menjadi lebih aktif dalam memahami serta menerapkan materi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Afrillia Muthia Rahman |
Date Deposited: | 19 May 2025 04:07 |
Last Modified: | 19 May 2025 04:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108029 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |