Khoiriyah, Annisa (2025) Sekolah ramah anak dalam mencegah perilaku bullying di sekolah dasar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-ANNISA NUR KHOIRIYAH.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Bab I.pdf Download (337kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (1).pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman untuk mencegah perilaku bullying di sekolah dasar. Sekolah seharusnya melindungi hak anak dari berbagai bentuk kekerasan, baik fisik maupun verbal. Salah satu langkah dari pemerintah ialah dengan menciptakan program Sekolah Ramah Anak yang bertujuan untuk menjamin serta menghormati hak-hak anak, melindungi mereka dari kekerasan, diskriminasi, dan pelanggaran lainnya, serta mendorong partisipasi anak dalam perencanaan dan pengambilan kebijakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Sekolah Ramah Anak di SD Labschool UPI Cibiru dan upaya yang dilakukan dalam mencegah perilaku bullying. (1) Mengidentifikasi Strategi perencanaan, (2) Pelaksanaan program Sekolah Ramah Anak, (3) Evaluasi dari pelaksanaan program Sekolah Ramah Anak dalam mencegah perilaku bullying di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analitik deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, peserta didik, dan orang tua, serta observasi partisipatif di lingkungan sekolah terkait penerapan Sekolah Ramah Anak (SRA) dan dampaknya terhadap perilaku bullying. Hasil penelitian ini menunjukkan meskipun kasus bullying masih ada, namun tindakan yang diambil oleh sekolah cukup berpengaruh dalam menciptakan lingkungan yang ramah, aman dan mendukung bagi siswa. Langkah yang sekolah lakukan, di antaranya; (1) Strategi perencanaan, dengan menerapkan kebijakan yang jelas, pelatihan bagi guru, serta melibatkan siswa dan orang tua secara aktif, (2) Pelaksanaan Program SRA, menunjukkan komitmen sekolah dalam menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi seluruh peserta didik, Di antaranya adalah; a) Implmentasi kebijakan anti bullying, (b) Pelatihan guru dan staff, (c) Kegiatan edukatif dan kesadaran peserta didik, (d) Keterlibatan orang tua, (e) Monitoring dan evaluasi, (f) Tindakan yang diambil sekolah dalam menangani bullying dalam perspektif islam (pendekatan empatik), (3) Evaluasi Program SRA, cakupan mengenai efektivitas berbagai penerapan yang dilaksanakan untuk mencegah perilaku bullying, Di antaranya adalah; (a) Penurunan kasus bullying, (b) Peningkatan kesadaran peserta didik, (c) Respon positif dari guru, (d) Keterlibatan orang tua, (e) Respon positif dari peserta didik. Melalui berbagai tindakan-tindakan tersebut, dapat dikatakan, program Sekolah Ramah Anak berpengaruh dalam pencegahan perilaku bullying. Program ini menciptakan lingkungan yang aman dan inklusif, yang mendorong siswa untuk saling menghormati dan berkolaborasi. Program ini juga berhasil meningkatkan kesadaran guru dan orang tua tentang pentingnya pencegahan bullying, serta mendorong partisipasi aktif siswa dalam kegiatan. Dapat dikatakan program Sekolah Ramah Anak (SRA) dapat membantu sekolah dalam pencegahan perilaku bullying di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bullying; Sekolah Ramah Anak; Sekolah Inklusi; Sekolah Dasar |
Subjects: | Education, Research Education Education > General Publications of Education Education > Organization of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Alternative Schools Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Annisa Nur Khoiriyah |
Date Deposited: | 19 May 2025 07:28 |
Last Modified: | 19 May 2025 07:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108057 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |