Evaluasi sistem pelayanan kepegawaian pada aplikasi Manajemen Bandung Kinerja (Mang Bagja) di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bandung

Rayani, Riva Nazmi (2025) Evaluasi sistem pelayanan kepegawaian pada aplikasi Manajemen Bandung Kinerja (Mang Bagja) di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover .pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi .pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1 .pdf

Download (797kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka .pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran (9).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah Kota Bandung menerapkan sistem manajemen kepegawaian berbasis elektronik melalui aplikasi Mang Bagja untuk meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun, implementasinya menghadapi kendala teknis, keterbatasan aksesibilitas, dan kurangnya literasi digital yang menghambat efektivitas sistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem pelayanan kepegawaian pada aplikasi Mang Bagja di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bandung, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat serta memberikan rekomendasi perbaikan. Penelitian ini menggunakan teori dari William dunn terkait Evaluasi kebijakan, yang mencakup beberapa indikator, di antaranya Efektifitas, efisiensi, kecukupan, pemerataan, Responsivitas, ketepatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Mang Bagja telah berkontribusi dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan kepegawaian, seperti pencatatan absensi, pengajuan cuti, dan monitoring kinerja pegawai. Namun, masih terdapat beberapa kendala teknis yang menyebabkan keterlambatan dalam pemrosesan data dan integrasi informasi antarunit kerja. Selain itu, kurangnya literasi digital di kalangan pegawai menghambat pemanfaatan aplikasi secara optimal, yang berakibat pada keterlambatan dalam pengisian data dan proses penilaian kinerja. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan peningkatan aspek teknis, pelatihan bagi pegawai, serta penguatan integrasi data untuk memaksimalkan fungsi aplikasi Mang Bagja dalam mendukung kinerja organisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Sistem Pelayanan Kepegawaian; Mang Bagja; Bapenda Kota Bandung.
Subjects: Administration of The Physical Plant
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Riva Nazmi Rayani
Date Deposited: 20 May 2025 06:55
Last Modified: 21 May 2025 02:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108092

Actions (login required)

View Item View Item