Nurnajmi, Cintari (2025) Praktik pemasaran melalui diskon pada produk sneakers di toko X pada aplikasi Shopee perspektif hukum ekonomi syariah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (12MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (671kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (896kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) | Request a copy |
Abstract
Pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia telah mendorong berbagai strategi pemasaran, salah satunya adalah pemberian diskon yang menjadi daya tarik utama bagi konsumen. Namun, fenomena diskon di platform Shopee, di mana Toko X menaikkan harga sebelum memberikan diskon, menimbulkan pertanyaan terkait etika bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis praktik pemasaran diskon di Shopee pada produk sneakers 2) menganalisis praktik pemasaran diskon dari perspektif hukum ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dari platform Shopee dan konsumen Toko X, serta analisis terhadap kebijakan Shopee terkait transparansi harga. Seluruh data tersebut dianalisis untuk memahami sejauh mana praktik pemasaran diskon di e-commerce memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini didasarkan pada teori hukum ekonomi syariah, yang menekankan pada prinsip ṣidq (kejujuran), tadlīs(penipuan), dan gharar (ketidakjelasan) dalam transaksi. Prinsip-prinsip tersebut digunakan untuk memahami dan mengevaluasi kesesuaian praktik pemasaran diskon yang dilakukan oleh pelaku usaha dalam konteks jual beli digital di platform e-commerce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik diskon yang dilakukan oleh Toko X tidak seluruhnya mencerminkan prinsip kejujuran karena adanya kecenderungan manipulasi harga awal sebelum diskon. Dalam perspektif hukum ekonomi syariah, praktik ini dapat menyalahi prinsip akad yang sahih karena terdapat unsur tadlis (penipuan) yang tersembunyi. Oleh karena itu, diperlukan pengawasan dan edukasi yang lebih kuat terhadap pelaku usaha agar strategi pemasaran tetap berada dalam koridor etika syariah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diskon; Shopee, Pemasaran; Hukum Ekonomi Syariah; Pemasaran Digital; E-commerce |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Econmics Administration of Economy Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah |
Depositing User: | Cintari Nurnajmi Nurnajmi |
Date Deposited: | 22 May 2025 02:39 |
Last Modified: | 22 May 2025 02:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108211 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |