Praktik pemasaran melalui diskon pada produk sneakers di toko X pada aplikasi Shopee perspektif hukum ekonomi syariah

Nurnajmi, Cintari (2025) Praktik pemasaran melalui diskon pada produk sneakers di toko X pada aplikasi Shopee perspektif hukum ekonomi syariah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (671kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia telah mendorong berbagai strategi pemasaran, salah satunya adalah pemberian diskon yang menjadi daya tarik utama bagi konsumen. Namun, fenomena diskon di platform Shopee, di mana Toko X menaikkan harga sebelum memberikan diskon, menimbulkan pertanyaan terkait etika bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis praktik pemasaran diskon di Shopee pada produk sneakers 2) menganalisis praktik pemasaran diskon dari perspektif hukum ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dari platform Shopee dan konsumen Toko X, serta analisis terhadap kebijakan Shopee terkait transparansi harga. Seluruh data tersebut dianalisis untuk memahami sejauh mana praktik pemasaran diskon di e-commerce memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini didasarkan pada teori hukum ekonomi syariah, yang menekankan pada prinsip ṣidq (kejujuran), tadlīs(penipuan), dan gharar (ketidakjelasan) dalam transaksi. Prinsip-prinsip tersebut digunakan untuk memahami dan mengevaluasi kesesuaian praktik pemasaran diskon yang dilakukan oleh pelaku usaha dalam konteks jual beli digital di platform e-commerce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik diskon yang dilakukan oleh Toko X tidak seluruhnya mencerminkan prinsip kejujuran karena adanya kecenderungan manipulasi harga awal sebelum diskon. Dalam perspektif hukum ekonomi syariah, praktik ini dapat menyalahi prinsip akad yang sahih karena terdapat unsur tadlis (penipuan) yang tersembunyi. Oleh karena itu, diperlukan pengawasan dan edukasi yang lebih kuat terhadap pelaku usaha agar strategi pemasaran tetap berada dalam koridor etika syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Diskon; Shopee, Pemasaran; Hukum Ekonomi Syariah; Pemasaran Digital; E-commerce
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Econmics
Administration of Economy
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Cintari Nurnajmi Nurnajmi
Date Deposited: 22 May 2025 02:39
Last Modified: 22 May 2025 02:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108211

Actions (login required)

View Item View Item