Penerapan model pembelajaran Experience, Language, Pictorial, Symbol, and Application (ELPSA) berbantuan QuickMath untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis dan Self Confidence peserta didik

Rohmah, Romida ST (2025) Penerapan model pembelajaran Experience, Language, Pictorial, Symbol, and Application (ELPSA) berbantuan QuickMath untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis dan Self Confidence peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
3_Suratpernyataan.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_Bab I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text (BAB III)
7_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text (BAB IV)
8_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan literasi matematis dan self confidence merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh peserta didik, namun pada kenyataannya masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menghubungkan konsep matematika dengan situasi nyata dan kurang percaya diri dalam menyelesaikan masalah, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedua aspek tersebut melalui penerapan model pembelajaran ELPSA berbantuan QuickMath. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 56 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VIII-C yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII-G sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peserta didik yang memperoleh pembelajaran ELPSA berbantuan QuickMath mengalami peningkatan kemampuan literasi matematis yang cukup baik; (2) peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional mengalami peningkatan kemampuan literasi matematis yang rendah; (3) peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik dengan model ELPSA berbantuan QuickMath lebih baik dibandingkan dengan model konvensional; dan (4) self confidence peserta didik secara umum menunjukkan hasil yang positif setelah pembelajaran menggunakan model ELPSA berbantuan QuickMath.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran ELPSA, Pembelajaran Matematika, Kemampuan Literasi Matematis, Self Confidence, QuickMath
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Romida ST Rohmah
Date Deposited: 22 May 2025 04:12
Last Modified: 23 May 2025 06:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108244

Actions (login required)

View Item View Item