Herlinda, Hanna (2025) Kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Gerai untuk Layanan Istimewa (GEULIS) D'Botanica Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (364kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan publik yang berkualitas merupakan hak setiap warga negara. Namun, masih terdapat tantangan dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas salah satunya pelayanan administrasi kependudukan di GEULIS D’Botanica Disdukcapil Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan administrasi kependudukan di GEULIS D’Botanica berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan menurut Zeithaml et al (1990), yaitu tangibel (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, terdiri dari 2 informan kunci, 2 informan utama, dan 2 informan tambahan. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan administrasi kependudukan di GEULIS D’Botanica telah memenuhi standar dalam beberapa dimensi. Dari dimensi bukti fisik, fasilitas cukup baik meskipun kapasitas tempat duduk perlu ditingkatkan. Dalam keandalan, standar pelayanan telah ditetapkan, tetapi masih ditemukan kesalahan input data. Daya tanggap petugas sangat baik dalam merespons pemohon dan keluhan. Jaminan tepat waktu, biaya dan legalitas telah diberikan. Sikap empati petugas tercermin dari pelayanan yang ramah, sopan, dan tidak diskriminatif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan;Administrasi Kependudukan;GEULIS D’Botanica. |
Subjects: | Public Administration Public Administration > Public Administration in Specific Localities Administration of Economy Administration of Economy > Administration of Labor |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Hanna Herlinda |
Date Deposited: | 23 May 2025 07:47 |
Last Modified: | 23 May 2025 07:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108310 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |