Kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Gerai untuk Layanan Istimewa (GEULIS) D'Botanica Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung

Herlinda, Hanna (2025) Kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Gerai untuk Layanan Istimewa (GEULIS) D'Botanica Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan publik yang berkualitas merupakan hak setiap warga negara. Namun, masih terdapat tantangan dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas salah satunya pelayanan administrasi kependudukan di GEULIS D’Botanica Disdukcapil Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan administrasi kependudukan di GEULIS D’Botanica berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan menurut Zeithaml et al (1990), yaitu tangibel (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, terdiri dari 2 informan kunci, 2 informan utama, dan 2 informan tambahan. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan administrasi kependudukan di GEULIS D’Botanica telah memenuhi standar dalam beberapa dimensi. Dari dimensi bukti fisik, fasilitas cukup baik meskipun kapasitas tempat duduk perlu ditingkatkan. Dalam keandalan, standar pelayanan telah ditetapkan, tetapi masih ditemukan kesalahan input data. Daya tanggap petugas sangat baik dalam merespons pemohon dan keluhan. Jaminan tepat waktu, biaya dan legalitas telah diberikan. Sikap empati petugas tercermin dari pelayanan yang ramah, sopan, dan tidak diskriminatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan;Administrasi Kependudukan;GEULIS D’Botanica.
Subjects: Public Administration
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Labor
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Hanna Herlinda
Date Deposited: 23 May 2025 07:47
Last Modified: 23 May 2025 07:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108310

Actions (login required)

View Item View Item