Grantia, Clatrina (2025) Penerapan model Self-Regulated Learning dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa mi pada pembelajaran IPS. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBA S PLAGIARISME)
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-CLATRINA GRANTIA (1).pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (285kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1202090014_PGMI (1) (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kurikulum 2013 menekankan pengembangan karakter dan keterampilan sosial melalui pendekatan tematik dan peran aktif guru sebagai fasilitator, namun masih ditemukan siswa kelas 5 MI Asy-Syifa Mekarsari yang kurang memiliki keterampilan sosial. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini menerapkan model Self-Regulated Learning (SRL) dalam pembelajaran IPS guna meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui pengaturan pikiran, emosi, dan perilaku, sehingga mereka menjadi lebih mandiri, aktif, dan mampu berinteraksi sosial secara efektif di berbagai lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan Penelitian Tindakan Kelas model spiral Kemmis dan Taggart yang dilakukan dalam tiga siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, serta pengumpulan data melalui observasi, angket, tes, unjuk kerja, dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dan kualitatif dilakukan secara terpadu dengan tujuan memahami peningkatan keterampilan sosial siswa melalui pembelajaran berbasis Self-Regulated Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas 5 MI Asy-Syifa Mekarsari. Capaian pada indikator keterampilan sosial menunjukkan peningkatan yang signifikan dan konsisten dari tahap prasiklus hingga Siklus III. Indikator interpersonal mengalami peningkatan dari 67% pada prasiklus menjadi 81% pada Siklus I, 85% pada Siklus II, dan mencapai 90% pada Siklus III. Indikator pengendalian diri meningkat dari 69% pada prasiklus menjadi 76% pada Siklus I, 79% pada Siklus II, dan 80% pada Siklus III. Prestasi akademis menunjukkan lonjakan dari 56% pada prasiklus menjadi 69% pada Siklus I, 80% pada Siklus II, dan 88% pada Siklus III. Indikator penerimaan sebaya naik dari 64% pada prasiklus menjadi 76% pada Siklus I, 83% pada Siklus II, dan 87% pada Siklus III. Sementara itu, indikator komunikasi meningkat dari 56% pada prasiklus menjadi 64% pada Siklus I, 71% pada Siklus II, dan 80% pada Siklus III. Penelitian Tindakan Kelas menunjukkan keterampilan sosial dan partisipasi siswa kelas 5 MI Asy-Syifa Mekarsari meningkat signifikan setelah penerapan model Self-Regulated Learning (SRL). Guru disarankan konsisten menggunakan model ini, dan peneliti selanjutnya dapat mengeksplorasi metode evaluasi serta strategi lain untuk mendukung pengembangan keterampilan sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-Regulated Learning; Keterampilan Sosial; Pembelajaran IPS |
Subjects: | Religious Mythology Islam Area Planning Area Planning > Procedural and Social Aspect |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Clatrina Grantia |
Date Deposited: | 26 May 2025 02:58 |
Last Modified: | 26 May 2025 02:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108331 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |