Eka kartini, Dewi (2025) Penerapan metode Shared Reading untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Matlaul Atfal Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Absrak.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_Keterangan Bebas Plagiarism.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf Download (781kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu permasalahan mengenai rendahnya keterampilan membaca siswa. Berdasarkan tudi pendahuluan yang telah dilakukan peneliti, bahwa keterampilan membaca siswa di kelas III hanya 41,67% siswa yang keterampilan membacanya tinggi. Hal ini terjadi karena pembelajaran selalu berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Keterampilan membaca siswa sebelum penerapan metode shared reading. (2) Proses penerapan metode shared reading dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa pada setiap siklusnya. (3) Keterampilan membaca siswa setelah penerapan metode shared reading pada setiap siklusnya. Metode shared reading dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa dengan melibatkan interaksi aktif antara guru dan siswa, metode ini efektif dalam meningkatkan pemahaman teks dan minat baca siswa, karena menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama tiga siklus dengan melewati empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Matlaul atfal yang berjumlah 24 siswa, yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 9 siswi perempuan. Adapaun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes unjuk kerja, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca siswa sebelum diterapkan metode shared reading masih tergolong rendah dengan memperoleh presentase ketuntasan klasikal 25% termasuk kategori sangat kurang. Adapun keterampilan membaca siswa setelah penerapan metode shared reading meningkat pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68 dengan ketuntasan klasikal 41% termasuk kategori kurang, pada siklus II meningkat menjadi 74 dengan ketuntasan klasikal 58% termasuk kategori cukup, dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 80 dengan ketuntasan klasikal 83% termasuk kategori baik. Berdasarkan ketuntasan klasikal secara keseluruhan penelitian ini sudah mencapai ≥75% dari jumlah siswa yang mencapai KKM yakni sebesar 83% dengan kategori baik. Dengan demikian menunjukan bahwa keterampilan membaca siswa setelah diterapkannya metode shared reading mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode shared reading; ketrampilan membaca; bahasa indonesia |
Subjects: | Elementary Education Elementary Education > Language Skills for Elementary Education Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dewi Eka |
Date Deposited: | 26 May 2025 06:26 |
Last Modified: | 26 May 2025 06:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108345 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |