Amaliah, Mina Siti (2025) Penggunaan model pembelajaran Station Rotation untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cisalak Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
Cover.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
SK Plagiarism.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (406kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI sehingga pembelajaran kurang efektif. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif, sikap siswa yang banyak diam. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, peneliti menggunakan model pembelajaran station rotation. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Proses penggunaan model pembelajaran station rotation pada mata pelajaran PAI di kelas X SMA Negeri 1 Cisalak Kabupaten Subang. 2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas X SMA Negeri 1 Cisalak. 3) Peningkatan motivasi belajar siswa setalah menggunakan model pembelajaran station rotation pada mata pelajaran PAI di kelas X SMA Negeri 1 Cisalak Kabupaten Subang. Menurut Staker (2018), model station rotation yaitu model pembelajaran yang merotasi peserta didik ke berbagai jenis kegiatan yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah: terdapat peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran pembelajaran station rotation pada mata pelajaran PAI di kelas X SMA Negeri 1 Cisalak Kabupaten Subang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasi experimen dengan desain non-equivalent control-group design. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitias, uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses penggunaan model pembelajaran station rotation mencapai tingkat keberhasilan sebesar 100 % dengan kriteria sangat tinggi. 2) Motivasi belajar siswa sebelum menggunakan model station rotation diperoleh nilai rata-rata sebasar 68 dengan kategori rendah, setelah menggunakan model station rotation diperoleh nilai rata-rata sebasar 80, artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil angket motivasi belajar siswa. 3) Peningkatan motivasi belajar siswa kelas eksperimen setelah menggunakan model station rotation diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,40 dengan kategori sedang. Sementara itu, nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,13 dengan kategori rendah. Uji hipotesis nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya, hipotesis diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran station rotation pada mata pelajaran PAI di Kelas X SMA Negeri 1 Cisalak Kabupaten Subang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Station Rotation; Motivasi belajar. |
Subjects: | Islam Education Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mina Siti Amaliah |
Date Deposited: | 28 May 2025 02:01 |
Last Modified: | 28 May 2025 02:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108419 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |