Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dengan aplikasi Canva terhadap minat dan hasil belajar PAI siswa : Penelitian di kelas VIII SMP PGRI Cisewu

Ikhsan, Anisa Nurul (2025) Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dengan aplikasi Canva terhadap minat dan hasil belajar PAI siswa : Penelitian di kelas VIII SMP PGRI Cisewu. Masters thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 COVER.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
plagiasi (1).pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
surat SK plagiarism.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. BAB 1.pdf

Download (799kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)
[img] Text (BAB IV)
7. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)

Abstract

Dalam suatu proses pembelajaran, model pembelajaran konvensional ceramah masih sangat mendominasi pembelajaran yang ada pada saat ini. Termasuk yang peneliti temukan di SMP PGRI Cisewu. Hal ini tentu berdampak pada minat dan hasil belajar PAI siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini menawarkan solusi dengan menerapkan model pembelajaran yang lebih interaktif salah satunya yaitu model pembelajaran berbasis proyek dengan aplikasi canva. menawarkan solusi dengan menerapkan model pembelajaran yang lebih interaktif salah satunya yaitu model pembelajaran berbasis proyek dengan aplikasi canva. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan model pembelajaran berbasis proyek dengan aplikasi canva pada pembelajaran PAI, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi minat belajar PAI siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan aplikasi canva, untuk mengidentifikasi hasil belajar PAI siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan aplikasi canva dan untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dengan aplikasi canva terhadap minat dan hasil belajar PAI siswa.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis proyek dengan aplikasi canva yang dirancang untuk meningkatkan minat dan hasil belajar PAI siswa (Mira & M. Zubaidi). Sedangkan indikator minat terdiri dari: kesadaran, perhatian, kemauan, dan perasaan senang (Rusydi & Fitri). Indikator hasil belajar terdiri dari: memahami, mengingat, menerapkan, menganalisis, menilai, dan mencipta (dimyanti & Mudjino). Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen untuk mengukur penaruh model pembelajaran berbasis proyek dengan aplikasi canva terhadap minat dan hasil belajar PAI. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket/kuisioner, soal tes, obeservasi, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan secara statistik, dengan uji validitas dan reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test, dan uji t (hipotesis) untuk melihat pengaruh signifikan diantara keduanya.Berdasarkan hasil penelitian, proses implementasi model pembelajaran berbasis proyek dengan aplikasi canva terbukti sangat baik dalam pembelajaran PAI di kelas VIII SMP PGRI Cisewu. Penerapannya mendorong siswa menjadi lebih aktif dan kolaboratif dengan baik serta mampu memahami teori secara mendalam yang dibuktikan sebuah konsep yang dibuat. Selain itu, model pembelajaran ini memiliki pengaruh yang sangat tinggi terhadap peningkatan minat belajar PAI siswa terlihat pada skor hasil perolehan angket sebelum diberi perlakuan 74,98% dan sesudah diberikan perlakuan 86,00%, kemudian berpengaruh terhadap hasil belajar PAI siswa terlihat pada skor hasil belajar PAI siswa sebelum diberikan perlakuan 60,89 sedangkan sesudah perlakuan sebesar 78,39, Hasil keseluruhan dari penelitian ini menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dengan aplikasi canva terhadap minat dan hasil belajar PAI siswa di kelas VIII SMP PGRI Cisewu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Minat Belajar; Hasil Belajar
Subjects: Christianity > Education, Research
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Islam tentang Agama dan Aliran Lain, Hubungan Islam dengan Agama dan Aliran Lain
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anisa Nurul Ikhsan
Date Deposited: 28 May 2025 07:42
Last Modified: 28 May 2025 08:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108442

Actions (login required)

View Item View Item