Hasil belajar siswa pada materi Adab kepada teman hubungannya dengan perilaku Bullying : Penelitian di kelas IX siswa MTs Miftahul Falah Kota Bandung

Yudinar, Virandra (2025) Hasil belajar siswa pada materi Adab kepada teman hubungannya dengan perilaku Bullying : Penelitian di kelas IX siswa MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_SK Bebas Plagiarisme.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_Bab1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai respon peneliti terhadap masalah bullying yang sedang meningkat di dunia pendidikan Indonesia saat ini. Namun di lingkungan MTs Miftahul Falah para siswanya menunjukkan perilaku bullying yang cenderung termasuk bullying ringan yaitu ranah verbal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa pada materi adab kepada teman kelas IX di MTs Miftahul Falah Kota Bandung; (2) realitas perilaku bullying siswa di MTs Miftahul Falah Kota Bandung; (3) hubungan hasil belajar materi adab kepada teman dengan perilaku bullying siswa kelas IX di MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Penelitian ini di dasari pada suatu pemikiran bahwa keberhasilan yang diraih siswa pada ranah kognitif dapat menghasilkan kecakapan pada ranah afektif. Sehingga peneliti berasumsi bahwa semakin tinggi hasil belajar siswa pada materi adab kepada teman maka perilaku bullying yang dilakukan akan semakin rendah. Metode penelitian yang peneliti gunakan yaitu metode korelasi. Kemudian untuk mengumpulkan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas dan reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji korelasi dan uji hipotesis untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel X dan variabel Y serta arah hubungan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa pada materi adab kepada teman memiliki kategori sangat tinggi dengan nilai 94,99 yang berada pada interval 80 – 100. 2) Realitas perilaku bullying siswa memiliki kategori sangat rendah dengan nilai 1,22 yang berada pada interval 1,00 – 1,79. 3) Hasil uji korelasi menyatakan bahwa terdapat hubungan yang lemah namun tidak signifikan antara hasil belajar materi adab kepada teman dengan perilaku bullying. Hasil nilai signifikansinya (0,066 > 0,05). Sedangkan nilai koefisien korelasinya yaitu –0,135 yang artinya korelasi negatif antara hasil belajar materi adab kepada teman dengan perilaku bullying.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar;materi adab kepada teman;perilaku bullying
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Virandra Virandra Yudinar
Date Deposited: 28 May 2025 06:56
Last Modified: 28 May 2025 06:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108447

Actions (login required)

View Item View Item