Pengaruh Fear of Missing Out (FoMO) terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UIN Bandung angkatan 2021

Isnaeni, Yunika (2025) Pengaruh Fear of Missing Out (FoMO) terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UIN Bandung angkatan 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena Fear of Missing Out (FoMO) kini semakin meningkat di kalangan mahasiswa, terutama dengan tingginya penggunaan media sosial khususnya TikTok yang mendorong keinginan mereka untuk selalu mengikuti tren dan gaya hidup orang lain. Kondisi ini dapat memengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa, yang cenderung melakukan pembelian impulsif secara spontan, tidak rasional, dan berlebihan. Hal ini dilakukan agar mereka tidak tertinggal dari tren yang sedang viral di lingkungan sekitarnya dan tetap merasa diterima dalam pergaulan di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat Fear of Missing Out (FoMO) yang dialami mahasiswa, dengan mempertimbangkan durasi penggunaan media sosial TikTok dan pengeluaran bulanan mereka. Penelitian ini juga berfokus pada tingkat perilaku konsumtif mahasiswa UIN Bandung angkatan 2021, serta menganalisis apakah terdapat pengaruh antara FoMO terhadap perilaku konsumtif mereka. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu, teori masyarakat konsumsi Jean Baudrillard mengenai tiga konsep diantaranya, nilai tanda, simulakra, dan hiperrealitas. Teori ini menjelaskan bahwa dalam masyarakat modern, konsumsi tidak lagi didasarkan pada kebutuhan, melainkan pada citra dan makna simbolik suatu produk. Simulakra menunjukkan bahwa realitas di media sosial sering kali merupakan konstruksi yang terdistorsi, sementara hiperrealitas membuat batas antara realitas dan representasi menjadi kabur. Pendekatan dan metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu, pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif sehingga dapat digunakan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Pada variabel FoMO dan perilaku konsumtif, penyebaran kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data dan pemilihan sampel berdasarkan kriteria dengan teknik proportionate stratified random sampling, dengan didukung sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh Fear of Missing Out (FoMO) terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UIN Bandung angkatan 2021 berada di taraf tinggi. Mayoritas mahasiswa cenderung mengikuti tren viral di media sosial TikTok bukan karena kebutuhan yang mendesak, melainkan untuk memenuhi hasrat pribadi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya. Dorongan ini muncul akibat kekhawatiran akan ketinggalan pengalaman yang dianggap menyenangkan. Akibatnya, mahasiswa terdorong untuk terus berperilaku konsumtif dengan mengikuti tren tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa FoMO dapat menjadi faktor utama yang mendorong pola konsumsi berlebihan di kalangan mahasiswa UIN Bandung angkatan 2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fear of Missing Out (FoMO); Perilaku Konsumtif; TikTok
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Process
Social Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Yunika Isnaeni
Date Deposited: 02 Jun 2025 02:00
Last Modified: 02 Jun 2025 02:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108499

Actions (login required)

View Item View Item