Mu'minah, Karimatul Adqonil (2025) Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Game Based Learning berbasis Gimkit hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover (4).pdf Download (168kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (2).pdf Download (451kB) |
![]() |
Text (LEMBAR PERNYATAN KARYA SENDIRI)
lembar pernyataan karya sendiri (9).pdf Download (618kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi (3).pdf Download (620kB) |
![]() |
Text (BAB I)
5_bab1 (4).pdf Download (408kB) |
![]() |
Text (BAB II)
6_bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (861kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
7_bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (821kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
9_bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena rendahnya motivasi belajar. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Faktor internal meliputi kurangnya minat, sikap terhadap pelajaran yang kurang positif, serta kondisi jasmani yang tidak mendukung. Sementara itu, faktor eksternal mencakup minimnya keterlibatan orang tua, lingkungan rumah yang tidak kondusif, pengaruh lingkungan sosial, serta penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif. Sebagai salah satu solusi, diterapkan model pembelajaran game based learning berbasis media Gimkit untuk meningkatkan motivasi, partisipasi, dan antusiasme dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk : (1).Untuk mengetahui tanggapan siswa kelas VIII terhadap penerapan model pembelajaran game based learning berbasis Gimkit pada mata pelajaran PAI, (2).Untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI, dan (3).Untuk mengetahui hubungan antara tanggapan siswa terhadap model pembelajaran tersebut dengan motivasi belajar mereka. Model pembelajaran interaktif ini dianggap relevan dengan karakteristik generasi digital yang membutuhkan pendekatan belajar yang menyenangkan dan partisipatif. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana. Hasilnya diharapkan memberikan gambaran empiris mengenai efektivitas metode ini dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui , angket, yg di sebar kepada 75 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Bandung kemudaia observasi dan wawancara. Kemudia di uji dengan uji persial, uji korelasi,uji regresi serta analisis koefisien determinasi . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) tanggapan siswa terhadap model pembelajaran game based learning berbasis gimkit, memperoleh skor rata rata 3.7 Nilai rata rata tersebut berada pada rentang 3.51-4.50, termasuk kategori “Tinggi”2).Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memperoleh skor rata rata sebesar 3,61. Rata rata tersebut berada pada rentang 3.51-4.50, termasuk kepada kategori “Tinggi” 3). diperoleh nilai Sig. (0.001< 0.05) yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan. antara variabel tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Game Based Learning dan variabel motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggpan Siswa; Game Based Learning; Motivasi Belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Karimatul A Mu'minah Karimatul |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 07:12 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 07:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108574 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |