Penerapan metode Self Directed Learning untuk meningkatkan keterampilan menulis resensi pada pembelajaran bahasa indonesia di MI Ibrahim Ulul Azmi

Maharani, Desi (2025) Penerapan metode Self Directed Learning untuk meningkatkan keterampilan menulis resensi pada pembelajaran bahasa indonesia di MI Ibrahim Ulul Azmi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (187kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Form-Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-Rancangan-Desi Maharani.pdf

Download (184kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Ibrahim Ulul Azmi. Rendahnya keterampilan menulis peserta didik disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu penerapan metode pembelajaran yang kurang efektif dan kurang melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta didik, salah satunya dengan menggunakan metode Self Directed Learning. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan awal keterampilan menulis resensi peserta didik dengan menggunakan metode SDL pada kelas VI A dan menggunakan metode diskusi pada kelas VI B. Peningkatan keterampilan menulis resensi peserta didik setelah menggunakan metode Self Directed Learning dan setelah menggunakan metode diskusi, serta mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan menulis resensi peserta didik yang menggunakan metode SDL dengan yang menggunakan metode diskusi. Kerangka berpikir dalam penelitian ini mengacu pada teori Gibbons dimana keterampilan menulis dapat ditingkatkan melalui proses belajar secara mandiri, bertanggung jawab terhadap tujuan belajarnya, dan mampu mengevaluasi hasil belajarnya sendiri. Metode SDL diketahui efektif karena memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengeksplorasi pengetahuan secara aktif, termasuk dalam konteks pembelajaran menulis resensi yang memerlukan pemahaman, analisis, dan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen, dengan desain Control Group Pre-test Post-test Nonequivalent. Penelitian ini dilakukan selama empat kali pertemuan, sampel pada penelitian ini yaitu 22 orang kelas VI A sebagai kelas eksperimen dengan metode SDL, dan 21 orang kelas VI B sebagai kelas kontrol menggunakan metode diskusi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan menulis resensi pada kedua kelas. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 71,30 meningkat menjadi 82,38 pada posttest dengan skor N-Gain sebesar 0,39 kategori sedang dan cukup efektif, sementara untuk kelas kontrol, nilai rata-rata pretest sebesar 69,94 meningkat menjadi 78,86 dengan skor N-Gain sebesar 0,28 kategori rendah dan kurang efektif. Terdapat perbedaan peningkatan antara kedua kelas yang dibuktikan dengan uji Mann Whitney yang menunjukkan nilai asymp sig. sebesar 0,009 < 0,05 berarti hipotesis diterima artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata peningkatan keterampilan menulis peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Self Directed Learning; Menulis Resensi; Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: Education, Research
Islam > Islamic Religious Education
Education > General Publications of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: desi maharani
Date Deposited: 03 Jun 2025 03:47
Last Modified: 03 Jun 2025 03:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108623

Actions (login required)

View Item View Item