Penerapan model pembelajaran Scramble untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas II SDN Bojongnangka Ciparay

Zulva, Mufidah Nurul Fuadina (2025) Penerapan model pembelajaran Scramble untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas II SDN Bojongnangka Ciparay. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
TEKS (Cover).pdf

Download (146kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Text (ABSTRAK).pdf

Download (190kB)
[img] Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM.pdf

Download (182kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
Text (DAFTAR ISI).pdf

Download (232kB)
[img] Text (BAB I)
Text (BAB I).pdf

Download (268kB)
[img] Text (BAB II)
Text (BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (BAB III)
Text (BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (BAB IV)
Text (BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
Text (BAB V).pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Text (LAMPIRAN LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas II SDN Bojongnangka Ciparay pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan sebagian siswa yang masih belum mencapai KKTP 70. Hal ini dikarenakan beberapa faktor salah satunya model pembelajaran yang kurang efektif dan interaktif sehingga membuat siswa bosan dan kurang berminat dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa dengan menerapkan model pembelajaran Scramble. Untuk menarik minat siswa dalam mengembangkan kemampuan menulis permulaan secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods yaitu memadukan antara pendekatan penelitian kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode Penelitiannya yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui dua siklus pada setiap siklusnya terdiri dari dua tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah observasi, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Jenis data menggunakan jenis data kualitatif dan jenis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil, 1) kemampuan menulis permulaan siswa sebelum menerapkan model pembelajaran scramble memperoleh nilai rata-rata 60,2 dengan ketuntasan nilai klasikal sebesar 36% dengan kategori kurang, 2) Kemampuan menulis permulaan siswa setelah menerapkan model pembelajaran scramble terdapat peningkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata 71,3 dan ketuntasan klasikal sebesar 60% pada siklus I, dan semakin meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 80,5 dan ketuntasan klasikal sebesar 82%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SDN Bojongnangka Ciparay.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Scramble; Kemampuan menulis permulaan; Bahasa Indonesia;
Subjects: Elementary Education > Writing Skills for Elementary Education
Grammar, Sentences, Syntax, Word Order
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mufidah Nurul Fuadina Zulva
Date Deposited: 03 Jun 2025 03:07
Last Modified: 03 Jun 2025 03:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108657

Actions (login required)

View Item View Item