Pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah: Research and Development di Kelas IV MI Bahrul Ihsan Kota Bandung

Aida, Nun Asmi (2025) Pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah: Research and Development di Kelas IV MI Bahrul Ihsan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (82kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB)
[img] Text (SK BEBAS PLAGIARSM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (182kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di MI Bahrul Ihsan, yaitu rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan bervariasi. Selain itu, proses pembelajaran yang cenderung monoton membuat peserta didik menjadi kurang aktif dalam mengikuti kegiatan belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, dikembangkan media pembelajaran Pop-Up Book yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan desain awal media pembelajaran Pop-Up Book. (2) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book. (3) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap media pembelajaran Pop-Up Book. (4) Mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman peserta didik setelah diterapkannya media pembelajaran Pop-Up Book. Hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: H₀: Tidak terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman peserta didik antara hasil pretest dan posttest setelah penerapan media pembelajaran Pop-Up Book. H₁: Terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman peserta didik antara hasil pretest dan posttest setelah penerapan media pembelajaran Pop-Up Book. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan guru kelas IV, angket validasi ahli media dan respon guru Bahasa Indonesia kelas IV, angket respon peserta didik setelah menggunakan media Pop-Up Book, serta pretest dan posttest untuk mengukur efektivitas media tersebut. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Desain awal dari media pembelajaran Pop-Up Book. (2) Proses pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book serta hasil Validasi dari ahli media sebesar 99% dengan kategori “Sangat Valid”, diperkuat oleh hasil angket guru Bahasa Indonesia sebesar 81% dengan kategori “Valid”. (3) Respon peserta didik terhadap penggunaan Pop-Up Book pada skala terbatas dan luas sebesar 93%, termasuk dalam kategori “Sangat Valid”. (4) Uji-t berpasangan menghasilkan nilai Asymp. Sig 0,001 (< 0,05), yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. H₁ diterima, yang berarti terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran Pop-Up Book. Nilai N-Gain sebesar 0,67 termasuk dalam kategori sedang, dengan efektivitas sebesar 66,67% yang tergolong cukup efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran;Pop-Up Book;Kemampuan Membaca Pemahaman;Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: Elementary Education > Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nun Asmi Aida
Date Deposited: 04 Jun 2025 03:50
Last Modified: 04 Jun 2025 03:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108710

Actions (login required)

View Item View Item