Penggunaan multimedia berbasis game edukasi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas VII di SMPN 1 Cileunyi Bandung

Khoirat, Alifia El Fasya Fastabiqul (2025) Penggunaan multimedia berbasis game edukasi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas VII di SMPN 1 Cileunyi Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (158kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (220kB)
[img] Text (PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_pernyataankaryasendiri.pdf

Download (298kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (266kB)
[img] Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (281kB)
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, yang ditandai penerapan remedial pada siswa kelas VII SMPN 1 Cileunyi. Penelitian ini bertujuan "untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif setelah penggunaan multimedia berbasis game edukasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terhadap Siswa Kelas VII di SMPN 1 Cileunyi Bandung.", "untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif setelah penggunaan media pembelajaran gambar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terhadap Siswa Kelas VII di SMPN 1 Cileunyi Bandung." dan "untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti antara siswa yang menggunakan multimedia berbasis game edukasi dan media pembelajaran gambar pada kelas VII di SMPN 1 Cileunyi Bandung." Pembelajaran berbasis multimedia merupakan suatu proses belajar yang dirancang dengan mengintegrasikan berbagai jenis media, seperti teks, gambar, video, dan lainnya, untuk mencapai tujuan pembelajaran. Game edukasi adalah media digital yang dikembangkan untuk mendukung pengayaan pendidikan, termasuk menunjang kegiatan pembelajaran. Hasil belajar kognitif adalah suatu pengetahuan yang seharusnya dikuasai oleh siswa sebagai bagian dari capaian pembelajaran. Pendidikan agama islam ialah usaha yang berupa asuhan dan bimbingan terhadap anak didik agar kelak setelah selesai pendidikannya dapat memahami dan mengamalkan ajaran Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe pretest-posttest control group design. Diperlukan kelas kontrol dan eksperimen dalam penelitian ini dengan jumlah sampel 79 siswa kelas VII di SMPN 1 Cileunyi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui hasil belajar kognititf siswa sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pemberian perlakuan berupa penggunaan multimedia berbasis game edukasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan multimedia game edukasi mengalami peningkatan nilai rata-rata dari 71 menjadi 95. Uji Wilcoxon menghasilkan signifikansi < 0,001, uji N-Gain menunjukkan skor 0,8408 (kategori tinggi), dan uji Mann-Whitney juga menunjukkan signifikansi < 0,002. Temuan ini menunjukkan bahwa multimedia berbasis game edukasi dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Multimedia; Game Edukasi; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Indoor Games of Skill > Electronic Game
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alifia El Fasya Fastabiqul Khoirat
Date Deposited: 10 Jun 2025 01:30
Last Modified: 10 Jun 2025 01:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108803

Actions (login required)

View Item View Item