Pengaruh metode SQ3R dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia

Silviani, Ai Lisna (2025) Pengaruh metode SQ3R dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
Cover.pdf

Download (191kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak .pdf

Download (156kB)
[img] Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Keterangan LULUS-Cek-Plagiasi.pdf

Download (184kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (156kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (403kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II (TINJAUAN PUSTAKA).pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (METODOLOGI PENILITIAN).pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB Ⅳ (HASIL & PEMBAHASAN).pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V (PENUTUP).pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Ai Lisna Silviani. 1212090004. 2025. “Pengaruh Metode SQ3R dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia” (Penelitian Quasi Eksperimen di SDN Cikatomas).Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN Cikatomas. Terdapat 16 dari 32 atau 50% peserta didik kelas V SDN Cikatomas yang belum mencapai nilai KKM. Kesulitan utama siswa terletak pada mengidentifikasi inti paragraf, menarik kesimpulan, dan memahami makna teks.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode SQ3R. (2) peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode diskusi. (3) pengaruh metode SQ3R dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. (4) perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa yang menggunakan metode SQ3R dengan siswa yang menggunakan metode diskusi. Penelitian ini menggunakan konsep SQ3R dengan langkah (1) Survey (2) Question (3) Read (4) Recite (5) Review sebagai metode dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Cikatomas, dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 17 orang dan siswa kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 15 orang.Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pretest sebelum diterapkan perlakuan (treatment) di kelas eksperimen memperoleh nilai 51,18 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 49,00, keduanya berada dalam kategori rendah. Peningkatan kedua kelas terlihat dari uji N-gain, kelas eksperimen memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,6605 berada pada kategori sedang. Sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata peningkatan sebesar 0,3227 berada pada kategori sedang. Dari hasil uji t-berpasangan kelas eksperimen yang menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < dari 0,05, disimpulkan bahwa metode SQ3R berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman. Terdapat perbedaan rata-rata peningkatan antara kedua kelas yang dibuktikan dengan uji t-independent. Hasilnya menunjukan sig.(2-tailed) 0,001, dapat dismipulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa yang menerapkan metode SQ3R dengan siswa yang menerapkan metode diskusi Kata kunci : Kemampuan Membaca Pemahaman, Metode SQ3R, Metode Diskusi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Pemahaman; Metode SQ3R; Metode Diskusi; Bahasa Indonesia
Subjects: Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Silviani Ai Lisna
Date Deposited: 10 Jun 2025 07:39
Last Modified: 10 Jun 2025 07:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108853

Actions (login required)

View Item View Item