Dakwah audiovisual pada fitur Reels Instagram: Studi kasus pada akun Instagram @aab_elkarimi

Nurahman, Irsan Septia (2024) Dakwah audiovisual pada fitur Reels Instagram: Studi kasus pada akun Instagram @aab_elkarimi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (378kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstract.pdf

Download (720kB)
[img] Text (LEMBAR PERNYATAAN ARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (503kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (528kB)
[img] Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (784kB)
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy

Abstract

Media sosial, khususnya Instagram menjadi platform strategis dalam menyampaikan dakwah kepada audiens digital yang luas, terutama generasi muda. Pada kanal media sosial pengguna Instagram di Indonesia ada seorang pegiat kreator konten video menggunakan fitur Reels Instagram untuk membuat video-video yang aktif dalam beropini, menyampaikan gagasan pribadi mengenai isu-isu dan fenomena sosial. Adalah Aab Elkarimi dengan nama akun Instagram @aab_elkarimi. Penelitian ini bertujuan mengalisis dakwah audiovisual pada fitur reels akun Instagram @aab_elkarimi dengan fokus pada tiga aspek utama yaitu audiovisual, narasi dan pesan dakwah. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, memanfaatkan teori Gestalt. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, observasi terhadap aktivitas video reels akun Instagram @aab_el-karimi, dan wawancara dengan Aab El-Karimi untuk mengetahui motivasi dan tujuan dakwah melalui media digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen audiovisual pada video Reels @aab_elkarimi menerapkan prinsip-prinsip Gestalt, seperti figure-ground yang menonjolkan pembicara sebagai pusat perhatian, serta proximity melalui penempatan teks yang mendukung pemahaman pesan. Penggunaan audio dengan tonasi jelas dan musik latar yang lembut memperkuat suasana tanpa mengganggu narasi. Narasi dalam video bersifat sederhana namun efektif, mengadopsi pola storytelling yang menarik dengan pembukaan yang memancing perhatian, isi yang mengaitkan fenomena sosial dengan nilai-nilai agama, dan penutup yang mengajak audiens untuk refleksi. Pesan dakwah dalam video Reels ini dominan menyampaikan nilai-nilai akhlak, mengajak audiens untuk introspeksi dan memperbaiki sikap. Meskipun ada pesan yang terkait dengan aqidah dan syariah, fokus utama tetap pada pembentukan karakter. Integrasi audiovisual, narasi, dan pesan dakwah menciptakan konten yang kohesif, mendidik, dan relevan bagi audiens digital. Penelitian ini menegaskan bahwa dakwah di era digital dapat dilakukan secara modern dan efektif dengan memanfaatkan media sosial sebagai platform media untuk melakukan aktivitas dakwah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dakwah audiovisual; reels instagram; teorigestalt; komunikasi penyiaran islam; Dakwah
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Irsan Septia Nurahman
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:41
Last Modified: 12 Jun 2025 02:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108917

Actions (login required)

View Item View Item