Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Mind Mapping terhadap peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti; Penelitian quasi eksperimen kelas VIII di SMP Triyasa Kota Bandung

Saidah, Saidah (2025) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Mind Mapping terhadap peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti; Penelitian quasi eksperimen kelas VIII di SMP Triyasa Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
cover1.pdf

Download (224kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (249kB)
[img] Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (250kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (347kB)
[img] Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (398kB)
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
babV1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Triyasa Kota Bandung, berlandaskan hasil wawancara dan observasi awal peneliti mengenai kurangnya kemampuan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran PAI. Masih banyak peserta didik yang kemampuan berfikir kreatif dibawah kriteria ketuntasan minimum. Faktor – faktor yang menyebabkan kurangnya kemampuan berfikir kreatif sangat beragam, diantaranya faktor dari lingkungan, guru dan peserta didik itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk 1) Menganalisis tingkat kemampuan berfikir kreatif sebelum penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis mind mapping, 2) Menganalisis tingkat kemampuan berfikir kreatif sesudah penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis mind mapping, 3) menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Mind Mapping terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di kelas VIII SMP Triyasa Bandung. Pendekatan penelitian yang diterapkan dalam penelian ini yaitu pendekatan kuantitatif, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu, kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model PBL berbasis Mind Mapping dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbasis Mind Mapping secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Data pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dari 69 menjadi 81 pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol hanya meningkat dari 56 menjadi 74. Uji hipotesis menggunakan independent sample t-test menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,016, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Dari hasil penelitian ini, bahwa model pembelajaran PBL berbasis Mind Mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan menarik dalam konteks pendidikan PAI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problem based learning; Berfikir Kreatif; Mind Mapping
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saidah saidah
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:50
Last Modified: 16 Jun 2025 02:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109031

Actions (login required)

View Item View Item