Penerapan model Problem Based Learning berbantu lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti : Penelitian Quasy-Eksperimen kelas X di SMAN 24 Bandung

Fadilah, Nur Rohmah (2025) Penerapan model Problem Based Learning berbantu lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti : Penelitian Quasy-Eksperimen kelas X di SMAN 24 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (161kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (231kB)
[img] Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
Surat pernyataan karya sendiri (6).pdf

Download (238kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (194kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya antusiasme dan ketertarikan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, yang sebagian besar masih masih menggunakan metode pembelajaran konvesional. Salah satu alternatif solusi yang ditawarkan adalah penerapan model problem based learning berbantu lembar kerja peserta didik (LKPD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Penerapan model problem based learning berbantu lembar kerja peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X SMAN 24 Bandung, (2) Hasil motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X SMAN 24 Bandung, (3) Perbandingan hasil motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X SMAN 24 Bandung. Penelitian ini berangkat dari kerangka berpikir bahwa model problem based learning dapat menciptakan pembelajaran yang memotivasi, karena memberi ruang bagi siswa untuk belajar secara aktif, relevan, dan mandiri. Metode yang digunakan adalah quasy-experimen dengan desain penelitian non equivalent control group plan design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa yang terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model problem based learning berbantuan LKPD, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Dalam proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi belajar, dan data dianalisis menggunakan analisis statistik berupa normalitas, homogenitas, uji mann-whitney u dan uji analisis deksriptif dengan bantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angket kelas eksperimen yang menggunakan model problem based learning berbantuan lembar kerja peserta didik (LKPD) mengalami peningkatan motivasi belajar dengan skor rata-rata sebesar 84,03, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvesional memperoleh rata-rata skor sebesar 72,69. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U, pada pre-angket diperoleh nilai signifikansi 0,71 yang lebih besar dari 0,05 (p > 0,05), yang menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum perlakuan. Dengan demikian, hipotesis nol (H₀) pada pre-angket ditolak, karena nilai p lebih besar dari 0,05. Sebaliknya, pada post-angket diperoleh nilai signifikansi 0,007 yang lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05), yang mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah perlakuan.Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok setelah perlakuan diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; LKPD; motivasi belajar; quasi eksperimen
Subjects: Education, Research
Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah Fadilah
Date Deposited: 16 Jun 2025 03:13
Last Modified: 16 Jun 2025 03:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109064

Actions (login required)

View Item View Item