Pengaruh strategi kepala madrasah dalam pembelajaran berbasis information technology terhadap peningkatan School Brand Image: Penelitian di Madrasah Interaktif MIMHa Bandung

Nirmala, Salma (2025) Pengaruh strategi kepala madrasah dalam pembelajaran berbasis information technology terhadap peningkatan School Brand Image: Penelitian di Madrasah Interaktif MIMHa Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (184kB)
[img] Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (166kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB I)
5_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB) | Request a copy

Abstract

Kepala madrasah memiliki peran strategis dalam menerapkan pembelajaran berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan efektivitas pendidikan. Selain itu, citra sekolah (school brand image) menjadi faktor penting dalam menarik minat siswa dan orang tua dalam memilih institusi pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, strategi kepala madrasah dalam mengintegrasikan teknologi informasi dalam proses pembelajaran menjadi topik yang relevan untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam pembelajaran berbasis teknologi informasi di Madrasah Interaktif MIMHa Bandung, (2) menjelaskan peningkatan school branding di Madrasah Interaktif MIMHa Bandung, dan (3) menganalisis pengaruh strategi kepala madrasah dalam pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap peningkatan school brand image. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei/ ex post facto dengan teknik pengumpulan data berupa angket, dokumentasi, dan wawancara. Responden dalam penelitian ini adalah 33 guru yang mengajar di MI dan MTs Informatika MIMHa Bandung. Analisis data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas kemudian analisis regresi linear sederhana menggunakan program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi kepala madrasah dalam pembelajaran berbasis teknologi informasi berada dalam kategori cukup dengan rata- rata skor 3,03; (2) school brand image di MI dan MTs Informatika MIMHa Bandung berada dalam kategori sedang dengan rata-rata skor 2,71; dan (3) terdapat pengaruh positif strategi kepala madrasah dalam pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap peningkatan school brand image. Analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa strategi kepala madrasah dalam pembelajaran berbasis teknologi informasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan school brand image dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,437, yang berarti strategi kepala madrasah menjelaskan 43,7% variabilitas school brand image, sementara 56,3% dipengaruhi oleh faktor lain seperti kualitas tenaga pendidik, fasilitas pembelajaran, metode pengajaran (penggunaan metode Qur’an sendiri dan pola asuh ramah anak), media promosi madrasah, serta tingkat kepuasan siswa dan orang tua terhadap layanan pendidikan. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 10,171 + 0,516X, dengan uji t menunjukkan t-hitung sebesar 4,906 lebih besar dari t-tabel (1,697) dan tingkat signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi kepala madrasah memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan school brand image. Artinya, semakin baik strategi kepala madrasah dalam pembelajaran berbasis technology information, semakin meningkat pula school brand image secara positif. Berdasarkan temuan penelitian ini, direkomendasikan agar kepala madrasah terus mengembangkan strategi inovatif dalam pemanfaatan teknologi informasi guna meningkatkan daya saing dan citra sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi kepala madrasah; pembelajaran berbasis information technology; school brand image
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
General Management > Education, Research of Management
General Management > Planning and Strategic Management
General Management > Marketing, Management of Distribution
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Salma Salma Nirmala
Date Deposited: 17 Jun 2025 06:49
Last Modified: 17 Jun 2025 06:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109124

Actions (login required)

View Item View Item