Rachman, Dicky Alfian Nur (2025) Penerapan metode Nazam untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis: Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII MTs Plus Darul Hufadz Cipacing Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (393kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (809kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Qur'an Hadis yang diamati peneliti di kelas VIII MTs Plus Darul Hufadz Cipacing Kabupaten Sumedang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan nazam sebagai metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) penerapan metode nazam pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VIII di MTs Plus Darul Hufadz Cipacing Kabupaten Sumedang; (2) motivasi belajar siswa dengan penerapan metode nazam; dan (3) pengaruh penerapan metode nazam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Kerangka berpikir penelitian ini dibangun dengan membandingkan dua kelas, yakni kelas eksperimen yang menggunakan metode nazam dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Instrumen angket digunakan pada tahap pre-test dan post-test untuk mengukur motivasi belajar siswa di kedua kelas. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa penerapan metode nazam memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan penerapan metode nazam mencapai 85,71% pada pertemuan pertama dan 100% pada pertemuan kedua. Rata-rata skor angket pre-test sebesar 87,88 meningkat menjadi 93 pada post-test. Berdasarkan perhitungan N-Gain sebesar 0,42, pengaruh metode nazam terhadap motivasi belajar siswa tergolong dalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode nazam dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis di kelas VIII MTs Plus Darul Hufadz Cipacing Kabupaten Sumedang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Nazam; Motivasi Belajar; Al-Qur'an Hadis |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dicky Alfian Nur Rachman |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 07:46 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 07:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109142 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |