Fauziah, Saufa Ulya (2025) Penerapan model pembelajaran Orientation, Identify, Discussion, Decision, Engage In Behavior (OIDDE) dan Problem Based Learning berbantuan media Liveworksheets untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi getaran harmonik sederhana. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_lembar pernyataan.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf Download (723kB) |
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (829kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang sangat dibutuhkan oleh peserta didik sehingga peserta didik dapat menyelesaikan masalah dan dapat berkomunikasi atau menyampaikan pendapatnya dengan baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui keterlaksanaan menggunakan Model OIDDE (Orientation, Identify, Discussion, Decision, Engage In Behavior) dan Model Problem Based Learning berbantuan Liveworksheets, dan perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi getaran harmonik sederhana. Metode yang digunakan adalah quasi experimen dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 36 peserta didik disetiap kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran Model OIDDE (Orientation, Identify, Discussion, Decision, Engage In Behavior) dan Model Problem Based Learning memperoleh keterlaksanaan 89% dan 85% dengan interfretasi sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen I memperoleh nilai n-gain sebesar 0,73 dan kelas eksperimen II sebesar 0,71. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample test menunjukkan sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan yang dapat diambil adalah terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis antara Model OIDDE (Orientation, Identify, Discussion, Decision, Engage In Behavior) dan Model Problem Based Learning pada materi getaran harmonik sederhana.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Orirentation; Identify, Discussion; And Engage In Behavior (OIDDE); Problem Based Learning; Media Liveworksheets; Keterampilan Berpikir Kritis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Secondary Education > Upper Level Secondary School Physics > Data Processing and Analysis of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Saufa Ulya Fauziah |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:58 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 03:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |