Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Nurfauziah Juanda, Mita (2025) Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_Skbebas plagiarisme.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa yang masih terbatas pada bida studi sejarah kebudayaan Islam. Hal ini terjadi karena kurangnya keterlibatan siswa dalam berpartisipasi selama proses belajar mengajar juga kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariatif sehingga siswa cenderung terlihat bosan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah PTK, dan partisipan penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al-Jihad Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menunjukkan bahwa model inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui data yang terdapat pada siklus 1 dengan memperoleh hasil persentase 87%, siklus 2 93%, dan siklus 3 100%. Sementara pada aktifitas siswa siklus 1 memperoleh hasil 16,05% (sangat kurang), siklus 2 26,15% (kurang), dan siklus 3 72,15% (Baik).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri; Kognitif;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurfauziah Juanda Mita
Date Deposited: 30 Jun 2025 04:15
Last Modified: 30 Jun 2025 04:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110229

Actions (login required)

View Item View Item