Fauziyah, Hani Nur (2025) Pengaruh sertifikasi halal, digital payment, dan digital marketing terhadap pendapatan UMKM di sekitar kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
3_skplagiarism.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (152kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Seiring berkembangnya kesadaran akan produk halal, menjadikannya bukan hanya sebagai kebutuhan saja, tetapi dijadikan sebagai gaya hidup juga. Sesuai penelitian terdahulu sertifikasi halal memberikan keleluasaan terhadap pelaku UMKM dan kepercayaan terhadap para konsumen. Hal ini bisa menyebabkan peningkatan pendapatan dari para pelaku UMKM. Pengaruh teknologi digital di masa kini dapat meningkatkan efisiensi kinerja pelaku usaha. Cara yang sering dipakai oleh pelaku UMKM diantaranya digital payment dalam pembayaran dan digital marketing dalam pemasaran. Peneliti mengambil responden pelaku UMKM di kelurahan Cipadung dan Cimincrang yang produknya sudah tersertifikasi halal, memakai digital payment, dan digital marketing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya variabel independen yaitu sertifikasi halal, digital payment, dan digital marketing terhadap pendapatan UMKM yang ada di sekitar kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung, tepatnya di kelurahan Cipadung dan Cimincrang. Metode penelitian ini mennggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel diambil menggunakan rumus slovin dengan jumlah yang diambil sebanyak 68 pelaku UMKM. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan angket kuisioner yang disebarkan kepada para pelaku UMKM di kelurahan Cipadung dan Cimincrang. Dalam menganalisis statistik, seperti menguji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis, peneliti menggunakan bantuan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai uji parsial (uji t) variabel sertifikasi halal berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM, variabel digital payment tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM, dan variabel digital marketing berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM. Sedangkan pada uji f variabel sertifikasi halal, digital payment, dan digital marketing secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM. Hasil perhitungan R2 atau perhitungan koefisien determinan yaitu 28,3% dipengaruhi oleh variabel independen pada penelitian ini, sedangkan sisanya 71,7% dipengaruhi oleh variabel selain yang diteliti pada kali ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sertifikasi Halal; Digital Payment; Digital Marketing; Pendapatan UMKM |
Subjects: | Business |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Hani Nur Fauziyah |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 06:49 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 06:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |