Simulasi numerik terhadap model arus lalu lintas persimpangan pada saat jam pulang kerja di Jalan Raya Peruri Karawang

Meylani, Silvi (2025) Simulasi numerik terhadap model arus lalu lintas persimpangan pada saat jam pulang kerja di Jalan Raya Peruri Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
SK Bebas Plagiarism.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (584kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Laju kendaraan pada arus lalu lintas di jalan raya dapat dianalisis melalui pendekatan Dinamika Fluida, khususnya dari sudut pandang makroskopis dengan model Lightill-Whitham-Richard (LWR). Di persimpangan, di mana kendaraan yang berasal dari jalan kecil bergabung ke jalan besar meningkatkan variabilitas kendaraan sehingga seringkali menyebabkan kemacetan. Model LWR hanya mempertimbangkan perubahan kecil pada arus lalu lintas yang mungkin tidak memadai untuk persimpangan. Model LWR dimodifikasi berdasarkan respon pengemudi pada kendaraan yang masuk dari persimpangan jalan. Model LWR persimpangan dievaluasi dengan metode Lax-Friedrich yang dikenal karena kestabilannya dalam menangani diskontinuitas seperti gelombang kejut dan implementasinya yang sederhana. Kondisi kestabilan Courant-Friedrichs-Lewy (CFL) digunakan untuk memastikan validitas simulasi numerik. Selain itu, dilakukan simulasi berdasarkan data primer yang diambil di persimpangan jalan antara Jalan Raya Peruri dan jembatan putih pinayungan Kabupaten Karawang dengan kepadatan rho=0,27. Hasil simulasi menunjukkan bahwa model LWR persimpangan memberikan hasil yang lebih realistis dalam menggambarkan akumulasi dan penyebaran kepadatan di sekitar titik persimpangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: menggunakan software latex sehingga watermak tidak sama
Uncontrolled Keywords: model LWR; persimpangan; skema beda hingga; metode Lax-Friedrich; Karawang
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: silvi putri meylani
Date Deposited: 30 Jun 2025 08:29
Last Modified: 30 Jun 2025 08:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110411

Actions (login required)

View Item View Item