Meylani, Silvi (2025) Simulasi numerik terhadap model arus lalu lintas persimpangan pada saat jam pulang kerja di Jalan Raya Peruri Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
SK Bebas Plagiarism.pdf Download (723kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (584kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (895kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Laju kendaraan pada arus lalu lintas di jalan raya dapat dianalisis melalui pendekatan Dinamika Fluida, khususnya dari sudut pandang makroskopis dengan model Lightill-Whitham-Richard (LWR). Di persimpangan, di mana kendaraan yang berasal dari jalan kecil bergabung ke jalan besar meningkatkan variabilitas kendaraan sehingga seringkali menyebabkan kemacetan. Model LWR hanya mempertimbangkan perubahan kecil pada arus lalu lintas yang mungkin tidak memadai untuk persimpangan. Model LWR dimodifikasi berdasarkan respon pengemudi pada kendaraan yang masuk dari persimpangan jalan. Model LWR persimpangan dievaluasi dengan metode Lax-Friedrich yang dikenal karena kestabilannya dalam menangani diskontinuitas seperti gelombang kejut dan implementasinya yang sederhana. Kondisi kestabilan Courant-Friedrichs-Lewy (CFL) digunakan untuk memastikan validitas simulasi numerik. Selain itu, dilakukan simulasi berdasarkan data primer yang diambil di persimpangan jalan antara Jalan Raya Peruri dan jembatan putih pinayungan Kabupaten Karawang dengan kepadatan rho=0,27. Hasil simulasi menunjukkan bahwa model LWR persimpangan memberikan hasil yang lebih realistis dalam menggambarkan akumulasi dan penyebaran kepadatan di sekitar titik persimpangan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | menggunakan software latex sehingga watermak tidak sama |
Uncontrolled Keywords: | model LWR; persimpangan; skema beda hingga; metode Lax-Friedrich; Karawang |
Subjects: | Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika |
Depositing User: | silvi putri meylani |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 08:29 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 08:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110411 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |