Mufidah, Faridah (2025) Optimalisasi pelayanan sirkulasi perpustakaan pada ruang dewasa 2 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
2_ABSTRAK.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
3_Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
4_DAFTAR ISI.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
5_BAB 1.pdf Download (397kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengkaji permasalahan dalam layanan sirkulasi perpustakaan di Ruang Dewasa 2 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat. Beberapa kendala utama yang diidentifikasi mencakup gangguan teknis pada sistem informasi, serta kesenjangan dalam pemanfaatan teknologi yang menghambat optimalisasi layanan perpustakaan. Tujuan utama penelitian ini adalah mengoptimalkan layanan sirkulasi perpustakaan di Ruang Dewasa agar dapat meningkatkan kepuasan pengguna serta mendorong minat masyarakat dalam memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Penelitian ini menggunakan teori optimalisasi dari Hotniar Siringoringo sebagai pisau analisis dengan didasarkan adanya 3 (tiga) elemen utama yaitu; tujuan, alternatif keputusan, dan sumber daya yang terbatas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan melibatkan lima informan yang memiliki keterkaitan langsung dengan layanan perpustakaan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh gambaran yang lebih mendalam mengenai implementasi layanan sirkulasi perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sistem otomasi seperti INLISLite telah diterapkan, masih terdapat kendala seperti gangguan teknis, keterbatasan SDM, dan sarana prasarana yang belum memadai. Hal ini berdampak pada efektivitas pelayanan dan menurunkan tingkat kepuasan pemustaka. Dengan demikian, diperlukan strategi peningkatan berkelanjutan untuk mengoptimalkan kualitas layanan sirkulasi, baik dari aspek teknologi, prosedur layanan, maupun peningkatan kompetensi tenaga pustaka.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Optimalisasi; Layanan Sirkulasi; DISPUSIPDA JABAR |
Subjects: | Administration of Economy > Administration of Communications Administration of Economy > Administration of Financial Institutions Administration of Economy > International Labour Office, ILO |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Faridah Mufidah Heri |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 02:00 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 02:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |